PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KECERDASAN EMOSI SERTA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1608Keywords:
kebiasaan belajar, kecerdasan emosi, perhatian orang tua, penguasaan konsep matematika.Abstract
Latar belakang penelitian adalah pendidikan anak bangsa yang cenderung menekankan masalah kecerdasan intelektual tanpa melihat faktor kebiasaan belajar, kecerdasan emosi dan peran orang tua yang sebenarnya penting menunjang keberhasilan siswa dalam meraih prestasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan emosi serta perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap penguasaan konsep matematika. Penelitian menggunakan metode survey, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 456 siswa dari tiga SMP Swasta di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Analisis data menggunakan Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep matematika dipengaruhi secara bersama-sama oleh kebiasaan belajar, kecerdasan emosi, dan perhatian orang tua dengan persamaan regresi Ŷ = 49,376 + 0,324 X1 + 0,311 X2 + 0,448 X3. Secara parsial pula penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh kecerdasan emosi dan penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh perhatian orang tua. Implikasi dari penelitian adalah perhatian orang tua memberikan kontribusi dominan pada penguasaan konsep matematika dari pada kebiasaan belajar dan kecerdasan emosi. Maka disarankan orang tua untuk memberikan banyak perhatian kepada anaknya untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
References
A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
Abdul Rahman Saleh. 2008. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Boyatzis, R.E. Ron, S. 2001. Unleashing the Power of Self Directed Learning. Case Western Reserve University, Cleveland, Ohio, USA.
Depdiknas 2006. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No. 506/C/PP/2004 indikator yang menunjukkan penguasaan atau pemahaman konsep. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Goleman. D. 2000. Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence lebih tinggi dari pada IQ. Alih bahasa: T. Hermay. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Jonathan Sarwono. 2012. Mengenal SPSS Statistic 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.