PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KECERDASAN EMOSI SERTA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA

Gerry Sastro

Abstract


Latar belakang penelitian adalah pendidikan anak bangsa yang cenderung menekankan masalah kecerdasan intelektual tanpa melihat faktor kebiasaan belajar, kecerdasan emosi dan peran orang tua yang sebenarnya penting menunjang keberhasilan siswa dalam meraih prestasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan emosi serta perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap penguasaan konsep matematika. Penelitian menggunakan metode survey, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 456 siswa dari tiga SMP Swasta di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Analisis data menggunakan Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep matematika dipengaruhi secara bersama-sama oleh kebiasaan belajar, kecerdasan emosi, dan perhatian orang tua dengan persamaan regresi Ŷ = 49,376 + 0,324 X1 + 0,311 X2 + 0,448 X3. Secara parsial pula penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh kecerdasan emosi dan penguasaan konsep matematika dipengaruhi oleh perhatian orang tua. Implikasi dari penelitian adalah perhatian orang tua memberikan kontribusi dominan pada penguasaan konsep matematika dari pada kebiasaan belajar dan kecerdasan emosi. Maka disarankan orang tua untuk memberikan banyak perhatian kepada anaknya untuk meningkatkan hasil belajar matematika.


Keywords


kebiasaan belajar, kecerdasan emosi, perhatian orang tua, penguasaan konsep matematika.

Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Abdul Rahman Saleh. 2008. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Boyatzis, R.E. Ron, S. 2001. Unleashing the Power of Self Directed Learning. Case Western Reserve University, Cleveland, Ohio, USA.

Depdiknas 2006. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No. 506/C/PP/2004 indikator yang menunjukkan penguasaan atau pemahaman konsep. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Goleman. D. 2000. Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence lebih tinggi dari pada IQ. Alih bahasa: T. Hermay. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Jonathan Sarwono. 2012. Mengenal SPSS Statistic 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gerry Sastro



Indexed By:

Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam

Publisher: Universitas Pamulang
Website: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu
Official Email: jsmu@unpam.ac.id
Address: Gedung unpam III lantai 7
Jl. Raya Puspiptek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.