PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI DI SMP

Authors

  • Isnurani Isnurani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1713

Keywords:

Penalaran Matematis, Multi Representasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan penalaran matematis siswa terkait dengan materi keliling persegi panjang setelah mereka diberikan pembelajaran berbasis multi representasi di kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siwa berdasarkan pretes dan postes setelah diajarkan melalui pembelajaran berbasis multi representasi melalui sajian enaktif, ikonik, dan simbolik (eksperimen 1) maupun sajian simbolik, ikonik, dan enaktif (eksperimen 2); dan (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan postes antara mereka yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis multi representasi melalui sajian enaktif, ikonik, dan simbolik (eksperimen 1) maupun melalui sajian simbolik, ikonik, dan enaktif (eksperimen 2).

Author Biography

Isnurani Isnurani, Universitas Pamulang

Matematika S1 Universitas Pamulang

References

Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah, dan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Alhadi. S, Sugiatno, Suratman. D. (2013). Pemahaman Konseptual Siswa Dikaji dari Representasi Matematis dalam Materi Fungsi Kuadrat di SMA. Pontianak: Jurnal pendidikan matematika.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Emzir. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kozulin. A. et al. (2003). Vygotsky Education Theory in Cultural Context. New York: Cambridge University Press.

Kurniadi. A. (2013). Koherensi Sajian Antar Komponen Kecakapan Matematis Materi Trigonometri Dalam Buku Teks Matematika SMA. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Skripsi.

Herman. T. (2007). Prosiding Seminar Nasional Matematika: Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika SMP. Bandung: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika.

Hudiono. B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Matematis Siswa SLTP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Disertasi.

Hudoyo. H. (2002). Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. ISSN: 085-7792. Tahun viii, edisi khusus.

National Countil of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standards for Schools Mathematics. Resto, VA.

Lesh. R. and Doerr. M. H. (2003). Beyond Contructivesm. Models and Modeling Perspectives on Mathematicd Problem Solving, Learning, and Teaching. London: Lawrence Erbaum Associates, Publishers.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Boston: Person.

Sugiatno, Rif’at, M. (2009). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Perkuliahan Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Transactional Reading Strategy. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Makalah.

------------. (2013). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Berbasis Daya dan Kecakapan Matematis di SMP. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Makalah.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sriraman, Bharath dan English, Lyn. (2010). Theories of Mathematics Education. New York: Spinger Science.

Horison, Suydam; dan Higgins. The Access Center. (2010). Concrete Representational Abstract Instructional Approach. http://www.k8accesscenter.org/training_resources/CRA_Instructional_Approach.asp.

Thornton, et al. (1983). Teaching Mathematics To Children With Special Needs. Sydney: Addison-Wesley Publishing Company.

Van De Walle, John A. (2002). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Van De Welle, John A, Karp, Karen S, dan Bay-Williams, Jennifer M. (2010). Elementary And Middle School Mathematics Teaching Developmentally, 7th Edition. New York: Pearson Education.

Downloads

Issue

Section

Articles