PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIK MATEMATIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SE JAKARTA SELATAN

Andi Nur Rahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Mengetahui pengaruh kecerdasan logik matematik terhadap prestasi belajar matematika. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kecerdasan logik matematik terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional. Sampel berukuran 344 siswa kelas X dari 6 Sekolah Menengah Kejuruan yaitu SMKN 18, SMK Averus, SMKN 59, SMK YPM, SMK Respati 3 dan SMK Borobudur, dipilih dengan menggunakan multi stage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan teknik tes. Analisa data dengan menggunakan metode analisis korelasi dan regresi ganda. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dan uji F. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2010 sampai dengan 30 November 2010. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh minat belajar dan kecerdasan logik matematik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan analisa regresi ganda :

 

Dari persamaan tersebut menunjukkan setiap kenaikan satu unit minat belajar akan meningkatkan prestasi belajar matematika sebesar 0.222 unit secara signifikan. Begitu pula setiap kenaikan satu unit kecerdasan logik matematik akan meningkatkan prestasi belajar matematika sebesar 0.464 unit secara signifikan. Lebih lanjut secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel minat belajar dan kecerdasan logik matematik dapat menentukan peningkatan prestasi belajar matematika sebesar 76.4% dan sangat signifikan.


Keywords


Minat Belajar, Kecerdasan Logik Matematik, Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Djaafar, Tengku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Padang.

Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Universitas Press.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikkan Pembelajaran Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika .Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v1i2.2380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andi Nur Rahman



Indexed By:

Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam

Publisher: Universitas Pamulang
Website: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu
Official Email: jsmu@unpam.ac.id
Address: Gedung unpam III lantai 7
Jl. Raya Puspiptek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.