PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU DENGAN MENGGUNAKAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 LEMBAH GUMANTI

Nurlev Avana

Abstract


Kemampuan memahami konsep matematika dan keterampilan komunikasi merupakan tujuan pembelajaran matematika yang dinyatakan oleh Departemen Pendidikan, dan merupakan aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kurangnya keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep matematika siswa akan mempengaruhi kualitas belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa di sekolah, hal itu juga terjadi di SMA N Lembah Gumanti. Koperatif tipe two stay two stray adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam belajar. Penelitian ini adalah Eksperimen Kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri N Lembah Gumanti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMAN 1 Lembah Gumanti sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 SMAN 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji u. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami konsep keseluruhan dan kemampuan siswa yang diajar dengan pembelajaran awal rendah mengaktifkan pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan komunikasi dan keseluruhan strategi pembelajaran awal yang mampu tinggi. yang diajar dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu

Full Text:

PDF

References


Djaafar, Tengku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Padang.

Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Universitas Press.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikkan Pembelajaran Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika .Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v1i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurlev Avana



Indexed By:

Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam

Publisher: Universitas Pamulang
Website: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu
Official Email: jsmu@unpam.ac.id
Address: Gedung unpam III lantai 7
Jl. Raya Puspiptek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.