PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Authors

  • Helma Mustika STKIP Insan Madani Airmolek
  • Halim Musliman STKIP Insan Madani Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v2i1.2921

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Talking Stick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran Talking Stick dengan siswa pada kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pasir Penyu. Dari enam kelas, di peroleh 168 siswa yang tebagi di enam kelas. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design, dengan rancangan penelitian Randomized Subjects posttes only control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan terhadap soal tes kemampuan pemecahan masalahsiswa yaitu uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis ditunjukkan oleh = 2,118 > = 2,005 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya H0 di tolak, dengan demikian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model Talking Stick lebih baik daripada hasil test kemampuan pemecahan masalah matematika siswa denan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 3 Pasir Penyu.

Author Biographies

Helma Mustika, STKIP Insan Madani Airmolek

Program Studi Pendidikan Matematika

Halim Musliman, STKIP Insan Madani Airmolek

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Arikunto, Suharsimin. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

________________ 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bondan Idjajanti, Djamilah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. diakses dari http://eprints.uny.ac.id/7042

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: ALFABETA

Husna, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan komunikasi Matematika siswa SMP Melalui Moel Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. diakses di internet.

Istarani. 2012. Model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada

Ras Eko. 2011. Model Pembelajaran Talking Stick, di akses dari http://www.raseko.com/2011/-5/model-pembelajaran-talking-stick.html?m=1

Setyosari, Punaji. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: kencana prenadamedia group

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta

Wardhani, Sri. 2008. Analisis S1 dan SKL Mata pelajaran Matematika SMP/MTs Untus Optimalisasi Pencapaian Tujuan.Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidkan Matematika.

Sundayana, Rostina. 2010. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press

Tita Rosita, Neneng. 2013. Pendekatan Pembelajaranm Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. diakses di internet

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Menagajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Downloads

Published

2019-08-01

Issue

Section

Articles