SUMBERDAYA MANUSIA BERKUALITAS DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI KELAPA SAWIT DI KABUPATEN KETAPANG

Tardi Kurniawan, Anto Susanto, Assrorudin Assrorudin, Refid Ruhibnur

Abstract


Mengkaji kesiapan sumberdaya manusia di Kabupaten Ketapang dalam mendukung pengembangan dan peningkatan daya saing industri kelapa sawit menghadapi persaingan pasar bebas MEA maka perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini melibatkan pelaku ekonomi atau pengusaha industri kelapa sawit yang ada di Kabupaten Ketapang dan juga institusi pemerintah daerah terkait sebagai responden. Kelengkapan data dan informasi dalam penelitian ini juga diperoleh dari sumber data sekunder berupa dokumen resmi pemerintah daerah baik di tingkat Provinsi Kalimantan Barat maupun tingkat Pemerintah Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang lebih mengarah pada pengungkapan masalah-masalah atau keadaan sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta-fakta yang ada dilengkapi  dengan interpretasi atau analisis tentang industri perkebunan kelapa sawit, khususnya yang ada di Kabupaten Ketapang. Hasil penelitian menemukan bahwa sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan dan peningkatan industri kelapa sawit di Kabupaten Ketapang dalam menghadapi persaingan pasar bebas MEA adalah sumberdaya manusia yang tidak hanya memiliki kemampuan pendidikan, keahlian, dan produktivitas namun harus dibekali dengan kemampuan penguasaan bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Sedangkan strategi dan kebijakan bisnis yang perlu diterapkan oleh industri kelapa sawit di Kabupaten Ketapang dalam menghadapi persaingan pasar bebas MEA adalah: (1) strategi pertumbuhan yang cepat atau pengurangan, (2) strategi perubahan bauran produk, (3) strategi perubahan jangkauan pasar, (4) strategi repositioning, (5) strategi diversifikasi, dan (6) strategi partnering.

Keywords


sumberdaya manusia, strategi dan kebijakan bisnis

Full Text:

PDF

References


Dinas Perkebunan Ketapang, 2015.

Kalimantan Barat dalam angka, 2015.

Ketapang dalam angka, 2015.

Rosmalinda., dan A. Susanto. 2018. Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Dalam Memperbaiki Sifat Kimia Tanah Gambut’. Jurnal Teknologi Agro Industri, E-ISSN 2598-5885, P-ISSN 2407-4624, Vol. 5 No. 2, Hal. 58.

Susanto, A dan Akhdiyatul. 2017. Rancang Bangun Alat Dan Aplikasinya Dengan Pengaruh Suhu dan Waktu Proses Pada Food Grade Grase Berbasis Minyal Sawit Crude Palm Oil (CPO) Skala Kecil. Jurnal Cyber-Techn. Vol 11 No 02 : 1-6.

Susanto, A., Tri. Y. 2013. Pembuatan Briket Bioarang Dari Cangkang dan Tandan Kosong Sawit. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, Vol. VI, No.2.

Totok , M., A. Susanto dan I. Pratiwi. 2017. Food Grade Grease Berbahan Baku Minyak Sawit Crude Palm Oil (CPO) Off Grade Dengan Variasi Konsentrasi Thickening. Jurnal Media Ilmiah Teknologi Pagan. Vol.4 No.1, 24-34 ISSN : 2477-2739.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v2i2.3320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tardi Kurniawan, Anto Susanto, Assrorudin Assrorudin, Refid Ruhibnur



Indexed By:

Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam

Publisher: Universitas Pamulang
Website: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu
Official Email: jsmu@unpam.ac.id
Address: Gedung unpam III lantai 7
Jl. Raya Puspiptek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.