EFEKTIVITAS SPEKTROFOTOMETER EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANALISIS INSTRUMEN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ANALISIS KESEHATAN DAN ANALIS KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.3557Keywords:
Spekrofotometer edukasi, prestasi, minat belajar, rasa ingin tahuAbstract
Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berorienasi pada lulusannya mempunyai keahlian khusus dan mampu bersaing di dunia pekerjaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, pembelajaran di SMK khususnya analisis insrument harus didukung dengan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu siswa dalam mencerna dan memahami materi. Spektrofotometer merupakan inovasi baru yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan terbatasnya media pembelajaran analisis instrumen di sekolah. Oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar analisis instrument, minat belajar dan rasa ingin tahu siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan spekrofotometer edukasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metodelogi Quasi Experimental Design tipe Time Series Design. Metodelogi ini tanpa menggunakan kelas eksperimen dan kontrol, tetapi hanya melakukan pretest, dan melakukan posttest, kemudian dibandingkan. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri angket minat belajar, angke rasa ingin tahu dan soal uraian. Data dianalisis menggunakan analisis uji prasyarat dan analisis uji hipotesis dengan teknik Paired Sample T Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar kimia analisis instrumen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media spektrofotometer edukasi yaitu sebesar 33,48. Terdapat perbedaan minat belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media spektrofotometer sebesar 4,98. Dan juga terdapat perbedaan rasa ingin tahu dalam pembelajaran dengan media spektrofotometer sebesar 5,95.
References
Walt Erhardt. 2007. Instrumental Analysis in the High School Classroom: UV-Vis Spectroscopy. J.Chem. Educ.84 (6). pp.1024.
Pastore, Raymond S. 2016.Dale’S Cone of Experience www.teacherworld.com/potdale.htm1 diakses tanggal 25 September 2018.
Elise, K.G., Morgan, H. T., Adam, W.S. 2016. Teaching UV-Vis Spectroscopy with a 3D-Printable Smartphone Spectrophotometer. J.Chem. Educ.93(1). pp.141-151.
Yohan., Fifit. 2016.Perancangan spektrofotometri sederhana berdasarkan arduino UNO. Jurnal proses produksi teknik kimia unpam.ISSN 25408062: Volume II.
Yohan., Fifit., 2017. Pembuatan Spektrofotometer Edukasi Dalam upaya peningkatan kualitas laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan Analisis Kesehatan dan Anakisis Kimia
Caulcutt, R.., Boddy, R. 1983. Statistics for Analitical Chemsist. Chapman and Hall. London. ISBN: 041223730 X.
Sadiman, dkk.2014. Pentingnya Media Pembelajaran, Jakarta
Daniel, R. A., Michael, A.T., Davis, H.F. 2012.A Low-Cost Quantitative Absorption Spectrophotometer. J.Chem. Educ.89. pp.1432-1435.
Yeh T.S., Tseng S.S., 2013. A Low Cost LED Based Spectrometer. Journal of The Chinese Chemical Society
Solvason, G.,. 2015.Master of Science Thesis, Mechanical Engineering, Reykajavic University, Iceland,.
Gong,W., Mowlem, M., Kraft, M., Morgan, H. 2009.A simple low-cost double beam spectrophotometer for colorimetric detection of nitrite in sea water . ISSE sensor jounal:7 (862-869).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.