SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMASARAN MOBIL DI TOYOTA AUTO2000 JEMBER DENGAN METODE FUZZY TOPSIS
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.4215Abstract
Angka penjualan mobil di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pihak dealer perlu menentukan kriteria mobil yang sesuai kebutuhan konsumen sebagai strategi pemasaran sehingga dapat meningkatkan angka penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan tipe mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) terbaik yang dipasarkan di dealer Toyota Auto2000 Jember. Metode yang digunakan yaitu metode fuzzy TOPSIS dengan empat kriteria yaitu harga, keekonomisan perawatan, kenyamanan, dan model mobil. Hasil yang didapatkan yaitu urutan peringkat tipe mobil MPV terbaik diantaranya, Toyota Avanza, Innova, Sienta, Voxy, Alphard, dan Vellfire.References
Gaikindo. 2019. Wholesales Jan-Okt 2019. https://www.gaikindo.or.id/indonesian-automobile-industry-data/ [Diakses pada 28 November 2019].
Junior, L.F.R., Osiro, L., dan Carpinetti, L.C.R. 2014. A Comparison between fuzzy AHP and fuzzy TOPSIS methods to supplier selection. Applied Soft Computing ASOC2238, 1–16.
Pardede, V. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Bermotor Dengan Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution. Pelita Informatika Budi Darma. Vol IV No 1, 130-135.
Rouhani, S., Ghazanfari, M., dan Jafari, M. 2012. Evaluation Model Of Business Intelligence For Enterprise Systems Using Fuzzy Topsis. Expert Systems With Applications, 3764-3771.
Sefrika. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Kendaraan Mobil Keluarga Dengan Metode Topsis. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 10 No 2, 69-74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.