PAPAN GEKOLA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG INOVATIF DENGAN PENDEKATAN STEAM

Authors

  • Noni Dwi Sari SMP Insan Rabbany
  • Jan Setiawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.4728

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi abad 21 dan untuk menghadapi revolusi industry 4.0 penyelengaran pembelajaran diharapkan lebih inovatif dan kreatif berupa pembelajaran lintas disiplin ilmu.  Penggunaan media pembelajaran dalam prosesnya memang mutlak dilakukan agar pembelajaran matematika lebih dinamis dan mampu menjawab tantangan zaman.  Untuk itulah penulis mencoba mengembangkan media pembelajaran Papan Geometri, Koordinat dan Pola (papan Gekola) yang dalam penggunaannya dikembangkan dengan pendekatan STEAM sehingga tercipta pembelajaran lintas disiplin ilmu yang inovatif dan menyenangkan serta bermakna.  Dengan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus yang dilaksanakan di SMP Insan Rabbany.  Subjeknya adalah siswa kelas 7.  Instrumen data berupa foto dokumentasi, wawancara dan survey.   Hasil pengembangan media papan Gekola dengan model pembelajaran pendekatan STEAM materi bangun datar menunjukkan pengembangan papan Gekola dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran ditinjau dari aspek keaktifan yang memiliki nilai rata rata 89,5, aspek kreasi dan inovasi dengan nilai rata rata 90 serta aspek kemampuan analisis dengan nilai rata rata 91 pada akhir siklus kedua.  Secara keseluruhan efektifitas pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat baik.  Hal ini menunjukkan penggunaan media papan Gekola dengan pendekatan STEAM merupakan suatu inovasi pembelajaran yang efektif untuk menghadapi tantangan revolusi industry 4.0 karena berhasil menerapkan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang diperlukan bagi siswa

Author Biography

Jan Setiawan, Universitas Pamulang

Teknik Elektro

SINTA

Google Scholar

Published

2020-07-22

Issue

Section

Articles