KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i1.6269Abstract
Kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia menurut studi PISA masih tergolong rendah, berdasarkan hasil PISA pada tahun 2018 siswa Indonesia menduduki peringkat 73 dari 79 negara. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTsS Rambatan pada kelompok rendah, kelompok sedang dan kelompok tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan (mix method) dengan desain concurrent triangulation. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 3 sekolah yang terdiri dari 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yaitu tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, studi hasil kerja siswa, dan wawancara. Disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran CPS lebih baik dari pada kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan thitung > ttabel yaitu 2,83 > 1,70. Kemampuan literasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran CPS setelah tes dan hasil wawancara ditemukan hasil bahwa siswa kelompok rendah hanya mampu mencapai 2 level kemampuan literasi matematis. Pada siswa kelompok sedang sudah mampu mencapai 4 level kemampuan literasi matematis. Sedangkan untuk siswa kelompok tinggi sudah mampu mencapai 6 level kemampuan literasi matematis.
References
Ahmad, Rusdi & Fauzan, Ahmad. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Pisa Pada Siswa Kelas IX SMP di Kota Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(1):110-117
Irianto, Putri Oviolanda & Febrianti, Lifia Yola. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula: 640-647
Johar, Rahmah. (2012). Domain PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, I (1), 30-41. ISSN: 2302-5158.
Ovan, & Nugroho, S. E. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi Siswa pada Model Pisa-Cps. Unnes Journal of Mathematics Education Research , VI (1), 96-102.p-ISSN: 2252-6455, e- ISSN: 2502-5507.
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mthematical Habits of Mind siswa SMP pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy , V (1), 67-75.
Sumanah, Mardiyana, & Riyadi. (2014). "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran CPS Pada MateriiTurunan Kelas IX IPA Program Akselerasi". Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematiaka 2(6): 568-591. ISSN: 2339-1685.
Suryapuspitasari, Betha Kurnia., Wardono & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika tipe HOTS pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika: 876-884.
Taher, M., & Abtaria, Y. (2017). Efektifitas Pembelajaran Creative Prolem Solving Berbasis Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika untuk Melatihkan Literasi Teknologi Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika , III (2), 148-156. ISSN 2442-515x, e-ISSN 2528-1976.
Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia Online: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun2018-turun-dibanding-tahun-2015/ [03Desember 2019].
Widyanigrum, Amalia Zulvia. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal I'qra, I (2), 166-190. ISSN: 2527-449.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.