KORELASI KEPEMIMPINAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMK DARUSSALAM CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Pokok permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi belajar siswa, lemahnya motivasi belajar siswa jika guru yang tidak disenanginya masuk kelas, guru belum mengoptimalkan kepemimpinan dalam pembelajaran, guru belum menggunakan kepemimpinan sesuai tingkat kematangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat korelasi positif dan signifikan antara Kepemimpinan guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Darussalam Ciputat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kepemimpinan guru dengan motivasi belajar siswa dimana hitungan statistiknya menunjukan 28,6% sedangkan 71,4% dari faktor lain. Hasil rxy adalah 0,486 sedangkan hasil rt adalah 0,266, ini menunjukan bahwa rxy (0,486) > rt (0,266). Artinya kepemimpinan guru memberikan korelasi positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 28,6%, selanjutnya motivasi belajar siswa dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah : Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arifin Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Ardha Harya Kusuma. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati Tahun Ajaran 2012/2013
Asma. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Guru dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP V Enrekang
Azamul Fadhly Noor Muhammad. 2017. Jurnal Pendidikan MI (Model Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran)
Danim Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah. 2006. Pengantar Manajemen. Edisi Pertama Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana.
Hafulyon. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.
Hamalik Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
IAIN Batusangkar. 2018. Buku Pedoman Penulisan Skripsi IAIN Batusangkar.
Jariswandana Ladeni, Yerizon dan Nilawasti Z.A. 2012. Jurnal Pendidikan Matematika (Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write).
Kartono Kartini. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Karwati Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta
Kasmawati. 2017. Jurnal Idaarah (Pengaruh Kepemimpinan Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP 5 Enrekang)
Linda RL Hutagalun. 2014. Pengaruh kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis
DOI: http://dx.doi.org/10.32493/kahpi.v4i1.p45-57.23308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY