KORELASI PENDIDIKAN DAN USHUL FIQH DALAM KONSEP ISTISHLAH DAN SADD DZARI’AH

Anastasya Ramadhina, Yunus Yunus

Abstract


Nilai-nilai yang terdapat dalam sumber hukum Islam, seperti al Quran, istihlah, sadd al dhara’i‘, diterapkan ke dalam masyarakat dan diterapkan secara menyeluruh di dalam lembagalembaga pendidikan Nilai-nilai ini ditransmisikan kepada para peserta didik melalui metode-metode seperti dialog, kerja sama, pemecahan masalah dan pembuatan batasan yang demokratis. Dalam mentransfer pengetahuan dan nilai-nilai ini, seorang pendidik harus berpijak pada dua pendekatan yang sangat penting yaitu; pertama, mendorong sikap hormat terhadap perbedaan, dengan berpijak pada konsep bahwa pendidikan sebagai cermin (mirror), jendela (window), dan percakapan (conversation); kedua, melakukan aktivitas kelas yang lebih kooperatif berbasis pada asas keadilan dan persamaan. Sedangkan Pendidikan Islam sejalan dan bahkan merupakan penerapan konsep Sadd adz-dzarâi karena teori tersebut dirancang untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan di masa depan bagi lembaga pendidikan Islam.

 

Kata Kunci: Korelasi, Pendidikan dan Ushul Fiqh.

 


Full Text:

PDF

References


al-Jauziyyah, Ibn al-Qayyim, A’lam al-Muqi in, Beirut: Dar al-Kutub al- Ilmiyyah, 1996.

M. Harris, Ian, Principles of Peace Pedagogy. Peace and Change. Volume 15, Nomor 3: 1990.

Musolin, Muhlil, Sadd Adz-Dzarâi’: Konsep dan Aplikasi Manajemen Pendidikan Islam, Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1, Mei 2019.

Nurcholiq, Mochamad, “Actuating dalam Perspektif Al-Quran dan Al-Hadits

(Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Tematik),” EVALUAS 1, no. 2 (2017).

Rusli, Pedagogi Usul Al Fiqh Berbasis Pendidikan Perdamaian Di Era

Multikultural, Jurnal Ulul Albab Volume 12, No.2 Tahun 2011.

Saefrudin, “Pengorganisasian dalam Manajemen,” al–Hikmah 5, no. 2 (2017).

Sahnan, Muhammad, “Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar,” Jurnal

PPkn dan Hukum 12, no. 2 (2017).

Samsirin, “Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam,” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015).

Shaleh, Muh. Adib, Mashadir alTasyri’ al-Islamiy wa Manahij al-Istimbath.

Damsyiq: Al-Ta’awunah, 1968.

Suhartini, Andewi, Ushul Fiqh, Jakarta: direktorat jendral pendidikan islam Kementerian Agama RI, 2012.

Syarifuddin, Amir, Ushul Fiqh II, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Yunus, Pendidikan Islam: Antara Pembentukan Kepribadian Dan Dorongan Memenuhi Kebutuhan Pasar, Jurnal KAHPI, Vol 1, No 1 (2019)

.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/kahpi.v2i2.p15-25.9446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

INDEX BY

 

Flag Counter