Optimalisasi kualitas pelayanan pendidikan melalui peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan

Authors

  • Euis Nessia Fitri Universitas Pamulang
  • Desi Kurniawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v6i1.y2021.p15-26

Keywords:

Akuntabilitas, Kualitas Pelayanan, Transparansi

Abstract

This study examines the effect of accountability and transparency in financial management on improving the quality of education services in Vocational High Schools (SMK) in South Tangerang. The data collection method used a questionnaire with a scale of 1 to 5. This study’s final sample was 115 respondents from school principals, school committees, teachers, and administrative staff from 19 vocational schools in South Tangerang. The data analysis method uses structural equation modeling (SEM) with Smart PLS. The study indicates that accountability and transparency are proven to affect the quality of education services. Clarity of targets and accuracy of financial statements are the most dominant dimensions determining accountability. Transparency is determined by the dimensions of the availability of audit reports and performance reports, while the quality of service is by assurance and empathy. This study implies the importance of educational institutions to increase their transparency and accountability to optimize the quality of education services.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan terhadap peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala 1 hingga 5. Sampel final dari penelitian ini sebanyak 115 responden yang merupakan para kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan staf tata usaha dari 19 SMK yang ada di Tangsel. Metode analisis data menggunakan structrual equation modeling (SEM) dengan Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akuntabilitas dan transparansi terbukti mempengaruhi kualitas pelayanan pendidikan. Kejelasan sasaran dan akurasi laporan keuangan menjadi dimensi yang paling dominan menentukan akuntabilitas. Transparansi paling dominan ditentukan oleh dimensi ketersediaan laporan hasil audit, dan laporan hasil kinerja, sedangkan kualitas pelayanan oleh assurance dan emphaty. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya institusi pendidikan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitasnya untuk mengoptimalisasi kualitas pelayanan pendidikan

Author Biography

Desi Kurniawati, Universitas Pamulang

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

References

Akhmadi, A. (2014). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Efektivitas Pelaksanaan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Batang Hari Akhmadi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(3), 1–16.

Anwar, F. N. (2015). Pengaruh prinisp akuntabilitas publik terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Auditya, L., & Husaini, L. (2013). Analisis pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah terhadap kinerja pemerintah daerah. Jurnal Fairness, 3(1), 21–41.

Central Bureau of Statistics Indonesia. (2020). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986 - 2019. Statistics Indonesia. https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2019.html

Damayanti, R. A., Syarifuddin, S., Darmawati, D., & Indrijawati, A. (2017). Rekonstruksi Akuntabilitas: Sebuah Tinjauan Akuntansi dan Sistem Informasi dari Perspektif Lokal. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2013.v17.i2.2238

Dwiharja, L. M., & Kurrohman, T. (2017). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (APBS) Terhadap Partisipasi Komite Sekolah (Studi Empiris Pada Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Patrang Kabupaten Jember). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan. https://doi.org/10.17509/jrak.v1i3.6696

Garson, G. D. (2018). Partial least squares: Regression & structural equation models. In Multi-Label Dimensionality Reduction. https://doi.org/10.1201/b16017-6

Gill, B., Lerner, J., & Meosky, P. (2016). Reimagining Accountability in K-12 Education: A Behavioral Science Perspective. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2782611

Hakim, D. R., & Suhendar, D. (2019). Determinan Optimalisasi Kinerja Organisasi dengan Modmed Variabel Analisis (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan). Bisnet, 2(2), 23–34.

Hermansyah, I., Rahman, R., & Suherman, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Survei Pada Dinas Daerah Kota Tasikmalaya). Jurnal Akuntansi, 13(1), 21–29.

Jennings, J. L. (2010). School choice or schools’ choice? Managing in an era of accountability. Sociology of Education, 83(3), 227–247.

Krina, L. L. (2003). Indikator & Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi & Partisipasi. Sekretariat Good Public Governance BPPN.

Langberg, J., Qureshi, T., & Deas, E. (2013). Community-Based Accountability: Best Practices for School Officials. In Poverty & Race.

McCormick, M. P., Cappella, E., O’Connor, E. E., & McClowry, S. G. (2015). Context Matters for Social-Emotional Learning: Examining Variation in Program Impact by Dimensions of School Climate. American Journal of Community Psychology. https://doi.org/10.1007/s10464-015-9733-z

McLeod, J. (2012). Students Perceptions of Accountability in Today’S Modern Classroom. International Journal of Arts & Sciences.

Mokoagow, M., Ogotan, M., & Londa, V. Y. (2018). Pengaruh Akuntanbilitas Kerja terhadap Kualitas Pelayanan pada PT POS Indonesia (Persero) Manado. Jurnal Administrasi Publik, 5(2).

Nurrizkiana, B., Handayani, L., & Widiastuty, E. (2017). Determinan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah dan Implikasinya Terhadap Kepercayaan Public-Stakeholders. Jurnal Akuntansi Dan Investasi. https://doi.org/10.18196/jai.18159

Ott, K., MaÄkić, V., & Bronić, M. (2018). Budget transparency of local governments: The political economy of city and municipality budgets in Croatia. Drustvena Istrazivanja. https://doi.org/10.5559/DI.27.4.03

Pambudi, W., & Murtini, H. (2016). Determinan Akuntabilitas Kinerja (Studi Kasus Pada Instansi Pemerintah Kabupaten Semarang). Accounting Analysis Journal, 5(2), 32–40.

Putri, E. M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Penertiban Rencana Kota di Dinas Penataan Ruang Kota Bandung. FISIP UNPAS.

Qurratulain, M. (2011). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan UPPD Provinsi Jawa Barat Wilayah XII Subang). Universitas Komputer Indonesia.

Reeves, E. B., & Bylund, R. A. (2005). Are rural schools inferior to urban schools? A multilevel analysis of school accountability trends in Kentucky. Rural Sociology. https://doi.org/10.1526/0036011054831215

Renz, D. O. (2016). The Jossey-Bass handbook of nonprofit leadership and management. John Wiley & Sons.

Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Ririh, K. R., & Pratiwi, F. M. (2018). Pengembangan Model Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Sekolah Karakter di Jakarta. Jurnal Optimasi Sistem Industri. https://doi.org/10.25077/josi.v17.n2.p188-197.2018

Ruff, R. R. (2011). School Counselor and School Psychologist Perceptions of Accountability Policy: Lessons from Virginia. Qualitative Report, 16(5), 1270–1290.

Trisnawati, F. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Keuangan Madrasah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 14(01), 1–14. https://doi.org/10.24014/jiq.v14i01.5436

Downloads

Published

2021-07-12