Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar

Nani Ratnaningsih

Abstract


Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. Pembuatan karya tulis serta mempublikasikannya secara ilmiah merupakan salah satu kompetensi profesional guru dan merupakan syarat utama dalam kenaikan pangkat dan golongan. Guruguru banyak yang terhambat dalam kenaikan pangkat dan golongan, karena belum memiliki karya tulis atau artikel yang dipublikasi pada jurnal. Untuk membantu guru-guru mengatasi permasalahan tersebut, maka diadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan penelitian dan artikel karya tulis ilmiah, serta cara submit ke jurnal melalui kegiatan pengabdian Iptes bagi Bina Masyarakat (IbBM). Tujuan dari kegiatan pengabdian IbBM ini, dapat membantu guru-guru meningkatkan kompetensi profesional dalam pembuatan karya tulis dan publikasi ilmiah sehingga dapat membantu kenaikan pangkat dan golongan. Peserta kegiatan IbBM yaitu guru-guru Sekolah Dasar di Wilayah Sukarame Kabupaten Tasikmlaya sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam IbBM ini meliputi: survey, interview, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan IbBM meliputi tahap: persiapan/perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan dimulai dari menganalisis permasalahan dan kebutuhan; mempersiapkan materi, bahan dan semua perlengkapan yang diperlukan; pelatihan; pendampingan; dan evaluasi. Kegiatan IbBM dilaksanakan selama 4 hari, setara dengan 32 jam, bentuk kegiatannya pelatihan dan pendampingan untuk menghasilkan karya atau produk. Guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan IbBM, tetapi dari 30 orang guru yang ikut pelatihan atau pendampingan baru 4 orang yang sudah menghasilkan produk, yang lainnya belum. Dengan demikian, pendampingan terus berjalan sampai semua guru menghasilkan produk.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. (2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidiakn dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: 2001.

Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N. (2015). IbM Kelompok Guru: Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah.

Given. K. Barbara. 2014. Brain-Based Teaching. Merancang kegiatan belajar mengajar yang melibatkan Otak, Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetik, dan Reflektif. Kaifa. Bandung.

Kkom Komariah. (-).Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131405892/pengabdian/4penulisan-karya-ilmiah-bagi-guru.pdf

Mayang (2017) Permasalahan Kenaikan Pa ngkat Guru dan Usaha Untuk Mengatasinya. Online https://www.tipsbelajarmatematika.com/2017/02/permasalahan-kenaikan-pangkat- guru-dan.html

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Sadimin. (2016). Sekarang Naik Pangkat KeIvc Itu Tidak Sulit. Online http://sadimin.gurusiana.id/article/sekarang-naik-pangkat-ke-ivc-itu-tidak-sulit- 855504

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Undang-Undang Guru Dan Dosen No. 14 Tahun 2005.

Widya Wati. (2010). MAkalah Strategi Pembelajaran Teori Belajar dan Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.