MANAJEMEN USAHA LONGYAM DI KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA

Noneng Masyitoh, Agi Rosyadi

Abstract


Pembangunan pusat keunggulan industri yang menjadi kompetensi inti industri daerah untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian sumber daya manusia yang berhubungan dengan kinerja keuangan. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat yang tangguh, mampu menunjukkan eksistensinya dengan tetap survive dalam menghadapi perubahan dalam dunia usaha sejak krisis moneter yang terjadi di Indonesia tahun 1998 dan dilanjutkan dengan krisis global. Permasalahan yang terjadi adalah banyak pelaku Usaha Kecil Menengah seperti pada UMKM peternak ikan dan peternak ayam boiler (pedaging) hanya menjadi buruh saja, karena selama ini pabrik memonopoli mulai dari pengadaan doc, sampai kepada pemasaran, mencatat jumlah uang yang diterima/dikeluarkan, jumlah barang yang dibeli/ dijual, dan jumlah piutang atau utang tidak mengikuti pedoman dalam penyusunan Laporan Keuangan yang sesungguhnya. Ditemukan bahwa mitra dalam melakukan usaha tani longyam di Desa Sukamahi Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, hingga saat ini hanya menggunakan cara yang konvensional dalam mengelola dan membuat laporan keuangan, oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini sangat membantu mitra baik dalam manajemen usaha maupun dalam membuat laporan keuangan yang baik dan benar.  Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman mitra terhadap pentingnya manajemen dan pengetahuan membuat laporan keuangan yang baik dan benar.


Full Text:

PDF

References


Nurlela. Siti. (2015). Kemampuan menyusun laporan keuangan usaha Kecil menengah pengaruhnya terhadap Kinerja ukm kerajinan gitar Di kabupaten sukoharjo Jurnal Paradigma Vol. 12, No. 02. ISSN:1693-0827.

Rohim, A., & Kurniawan, I. (2017). Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam. Comvice: Journal of community service, 1(1), 23-28.

Sadeli, A. H. (2018). Manajemen Usaha Home Industry Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Dharmakarya, 7(1), 51-55.

Soekartawi. 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Subanar, H. (2001). Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UGM.

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Jakarta: Salemba Empat, 85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.