Pengaruh Profitabilitas Dan Financial Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Noviani Rihhadatul Aisyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Farahiyah Sartika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v10i1.y2022.p%25p

Keywords:

Profitabilitas, Financial Leverage, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis apakah profitabilitas dan financial leverage memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan dengan dimoderasi ukuran perusahaan. Populasi penelitian yakni perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2020. Dalam kurung waktu 3 tahun penelitian ini menggunakan sebanyak 33 perusahaan yang dijadikan sampel. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian berupa kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 16.0. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji partial T-test, dan uji moderate regression analysis (MRA). Hasil penelitian menemukan (1) Profitabilitas yang di proksikan dengan Return on Asset (ROA) secara parsial tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang di proksikan oleh Price to Book Value (PBV). (2) Financial Leverage secara parsial berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. (3) Ukuran Perusahaan secara parsial tidak mampu memoderasi pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. (4) Ukuran Perusahaan juga tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh Financial Leverage terhadap Nilai Perusahaan.

 

References

Referensi

Akbarina, F. (2018). Pengantar Bisnis: Pengantar Bisnis (Issue Pengantar Bisnis dan Akuntansi). Erlangga.

Suharyadi, & S, K. P. (2009). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan (Edisi 2). Salemba Empat.

Utami, D. N. (2020). Kinerja Indeks Sektoral. Www.Idx.Co.Id.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan) (Scopindo Media Pustaka (ed.)).

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. PT Grasindo.

Astari, Y., Rinofah, R., & Mujino. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderasi. Jurnal Ilmial MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 191–201. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp191-201

Arifin, A. Z. (2018). Manajemen Keuangan. Zahir Publishing.

Nur Utomo, M. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. CV Jakad Publishing Surabaya.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Mitra Wacana Media.

Tanjung, R. S., & Moeljadi. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Financial Leverage, Kebijakan Pembayaran Dividen, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(1), 1–16.

Sari, P. P. (2018). Do Foreign Ownership, Financial Leverage, Inflation, and Firm Size Influence to Firm Value? Evidence in Indonesia Stock Exchange. Jurnal Manajemen Dewantara, 2(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.26460/md.v2i1.1987

Butar, L. K. B., & Sudarsi, S. (2012). Influence of Size Company, Profitability, Leverage, and Institutional Ownership toward The Income Smoothing: Empirical Studies Food and Beverages Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 1(1), 143–159.

Pohan, H. tohir, Noor, I. N., & Bhakti, Y. F. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4850

Welly, Y., Susanti, E., Azwar, K., & Grace, E. (2019). Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Serta Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderat Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman. Financial: Jurnal Akuntansi, 5(2), 1–10.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Syahrir, D., E, Y., & M, Y. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. PT Penerbit IPB Press.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. CV Wade Group.

Umar, H. (2019). Motode Riset Manajemen Perusahaan Langkah Cepat dan Tepat menyusun Tesis dan Disertasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Apriliyanti, V., Hermi, & Herawaty, V. (2019). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan Dan Kesempatan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 6(2), 201–224.

Al-Slehat, Z. A. F. (2019). Impact of Financial Leverage, Size and Assets Structure on Firm Value: Evidence from Industrial Sector, Jordan. International Business Research, 13(1), 109–120. https://doi.org/10.5539/ibr.v13n1p109

Aji, A. W., & Atun, F. F. (2019). Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(3), 222–234.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Aisyah, N. R., & Sartika, F. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Financial Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 10(1), 97–108. https://doi.org/10.32493/jk.v10i1.y2022.p%p

Issue

Section

Articles