ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA PT CODA PRAPANCA TECHNOLOGY

Fauziah Septiani, Retno Wulansari, Esti Suntari

Abstract


Dengan perkembangan teknologi di era digitalisasi seperti saat ini, perkembangan dunia bisnis mengalami persaingan yang sangat ketat. Banyak perusahaan yang memilih untuk beralih dari pemasaran offline ke pemasaran online agar tetap dapat bersaing di pasar. Hal tersebut membuka banyak peluang bagi perusahaan penyedia jasa digital marketing, sehingga semakin banyak perusahaan start-up penyedia jasa digital marketing yang bermunculan.

Peneliitian ini untuk menganalisis Loyalitas Pelanggan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Menggunakan Analisis Swot dan juga untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman yang ada pada PT Coda Prapanca Technology, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dikumpulkan memlalui wawancara dengan beberapa pemegang kepentingan pada PT Coda Prapanca Technology.

Berdasarkan analisis faktor-faktor strategi internal yang dapat dilihat pada diagram analisi SWOT, dimana posisi PT Coda Prapanca Technology berada dalam kuadran 1 yang  menunjukkan strategi SO dalam matriks  SWOT yaitu strategi agresif. Strategi agresif adalah strategi yang menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang

Keywords


Loyalitas Pelanggan; Kualitas Pelayanan; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Fachmi, M, & Setiawan, I. P. (2020). Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah Analisis Kasus melalui Riset di Industri Asuransi Jiwa. CV. Pustaka Learning Center.

Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Hasan, A. (2009). Marketing. Edisi Baru. Jakarta: Media Pressindo.

Kotler, P & Amstrong, G (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Manap, A (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Wacana Media.

Manullang, M & Hutabarat, E (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Peter, J, P & Olson, J, C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi sembila. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisi SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Peneelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

F Septiani, K Astria, L Asmalah, International Journal of Advances in Social and Economics (2020/1/15), Product marketing strategy of Kapal Api Group uses SWOT Analysis




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jk.v10i2.y2022.p217-223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fauziah Septiani

KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
E-mail: kreatif@unpam.ac.id






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.