APLIKASI FUNGSI MANAGEMEN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU STT-PLN

Authors

  • Emillia, Hendrianto Husada

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v7i1.y2019.p1-17

Keywords:

sampah, pengelolaan, managemen, STT-PLN

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksplanatoris yang dilengkapi dengan penelitian di lapangan, yaitu di tempat olah sampah (TOS) yang berada di lingkungan kompleks STT-PLN Jakarta. Observasi lapangan tersebut juga disertai dengan metode question and aswer memberikan berbagai pertanyaan kepada sebagian besar peserta didik dan karyawan yang bekerja di tempat olah sampah (TOS) tersebut, ditambah dengan mempelajari berbagai materi acuan lainnya.

Tulisan ini merupakan hasil penelitian lanjutan terdahulu yang berjudul : “Metode Yuridis Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Di STT-PLN†yang membahas aspek hukum dalam pengelolaan sampah yang dilakukan oleh STT-PLN. Sedangkan dalam tulisan ini membahas tentang managemen pengelolaan sampah apabila ditinjau dari ilmu managemen. Permasalahan dalam tulisan ini adalah apakah pengelolaan sampah di STT-PLN sudah menggunakan prinsip managemen yang baik.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa STT-PLN sudah melaksanakan pengelolaan sampah terpadu yang baik dengan menggunakan fungsi-fungsi yang berlaku dalam dasar-dasar managemen yang baik dengan menggunakan prinsip 3R, yaitu  reduce, reuse dan recycle.

Kata-kata kunci: sampah; pengelolaan; managemen; STT-PLN.

Downloads

Published

2019-08-20

Issue

Section

Articles