ANALISIS PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, LINGKUNGAN KONSUMEN, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya faktor individu, lingkungan konsumen,
dan strategi pemasaran baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada
Apotik Sun Farma Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan desain kuantitatif, metode
explanatory research dengan pengujian hipotesis. Dengan teknik survey, menyebar kuesioner
memakai skala Likert. Teknik penentuan sampel dengan accidental sampling/convenience sampling
digunakan rumus Slovin diperoleh 100 responden.
Teknik Analisis data: (1) tes validitas dan tes reliabilitas; (2) uji asumsi klasik; (3) model
regresi sederhana dan berganda; (4) koefisien determinasi (R²); (5) pengujian hipotesis dengan uji
parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F). Hasil pengujian hipotesis dan analisisnya adalah sebagai
berikut:
1. Faktor individu konsumen mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan
pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif 0,557.
Nilai kontribusi (R²) sebesar 31,0%. Model regresi linier sederhananya adalah Y= 17,035 +
0,557X1
2. Faktor lingkungan konsumen mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif
0,559. Nilai kontribusi (R²) sebesar 30,5%. Model regresi linier sederhananya adalah Y=
19,043 + 0,559X2
3. Faktor strategi pemasaran mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan
pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif 0,580.
Nilai kontribusi (R²) sebesar 33,7%. Model regresi linier sederhananya adalah Y= 13,876 +
0,580X3
4. Faktor individu, faktor lingkungan konsumen, dan faktor strategi pemasaran, secara bersama-
sama mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada
Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai kontribusi (adjusted R²) sebesar 84,3%.
Model regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y= -9,891+ 0,511X1 + 0,352X2 +
0,632X3
Kata kunci : Individu, lingkungan konsumen, strategi pemasaran, keputusan pembelian, Apotik
SunFarma
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).