ANALISIS PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, LINGKUNGAN KONSUMEN, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Sunanto .

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya faktor individu, lingkungan konsumen,

dan strategi pemasaran baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada

Apotik Sun Farma Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan desain kuantitatif, metode

explanatory research dengan pengujian hipotesis. Dengan teknik survey, menyebar kuesioner

memakai skala Likert. Teknik penentuan sampel dengan accidental sampling/convenience sampling

digunakan rumus Slovin diperoleh 100 responden.

Teknik Analisis data: (1) tes validitas dan tes reliabilitas; (2) uji asumsi klasik; (3) model

regresi sederhana dan berganda; (4) koefisien determinasi (R²); (5) pengujian hipotesis dengan uji

parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F). Hasil pengujian hipotesis dan analisisnya adalah sebagai

berikut:

1. Faktor individu konsumen mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan

pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif 0,557.

Nilai kontribusi (R²) sebesar 31,0%. Model regresi linier sederhananya adalah Y= 17,035 +

0,557X1

2. Faktor lingkungan konsumen mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap

keputusan pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif

0,559. Nilai kontribusi (R²) sebesar 30,5%. Model regresi linier sederhananya adalah Y=

19,043 + 0,559X2

3. Faktor strategi pemasaran mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan

pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif 0,580.

Nilai kontribusi (R²) sebesar 33,7%. Model regresi linier sederhananya adalah Y= 13,876 +

0,580X3

4. Faktor individu, faktor lingkungan konsumen, dan faktor strategi pemasaran, secara bersama-

sama mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada

Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai kontribusi (adjusted R²) sebesar 84,3%.

Model regresi linier berganda yang diperoleh    adalah Y= -9,891+ 0,511X1 + 0,352X2 +

0,632X3

 

Kata kunci : Individu, lingkungan konsumen, strategi pemasaran, keputusan pembelian, Apotik

SunFarma 

Downloads

Published

2017-10-03

How to Cite

., S. (2017). ANALISIS PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, LINGKUNGAN KONSUMEN, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1). https://doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%p

Issue

Section

Articles