PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK USIA 5 TAHUN (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Eko Evi Sulastri

Abstract


Penelitian ini berisi tentang gambaran pemerolehan bahasa pada anak usia 5 tahun dengan subjek tunggal yaitu Muhammad Raffi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, karena data yang disajikan merupakan  ujaran.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bentuk  pemerolehan  bahasa  pada  Raffi dalam  aspek  fonologi,  morfologi,  dan  sintaksis.  Dalam  penelitian  ini  peneliti  menggunakan  teori  dari Chomsky. Teknik dalam penelitian ini adalah simak dan catat. Setelah menyimak dan mencatat penuturan dari subjek kemudian diperoleh data yang akan menjadi bahan penelitian pemerolehan bahasa anak. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Raffi sudah mampu memproduksi berbagai bentuk bunyi dalam bidang fonologi, terutama bunyi vokal dan konsonan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan perubahan bunyi akibat  penghilangan fonem  yakni  sinkop sebanyak  6 data,  apokop sebanyak 1  data, dan  aferesis sebanyak 20 data. Dalam bidang morfologi Raffi sudah mampu memproduksi reduplikasi, mengucapkan kata berprefiks, sufiks, dan infiks. Sedangkan dalam bidang sintaksis Raffi telah mampu mengembangkan kata dan  bentuk-bentuk  kalimat  yang  mengandung  unsur  verba,  adjektifa  dan  nomina.  Hasil  penelitian ditemukan  16  data  yang  di  bagi  ke  dalam  jenis  kalimat  deklaratif  sebanyak  7  data,  kalimat  imperativ sebanyak 4 data, dan kalimat interogatif sebanyak 5 data.

Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, Psikolinguistik


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. dkk. 2000. Tata bahasa baku Bahasa Indonesia. Edisi III. Jakarta: PT.

Balai Pustaka.

Ariffudin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian : Satuan Pendekatan Praktek

Cetakanke-14. Jakarta : PT. Rineka cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 1988. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia . Jakarta : Bhratara Karya

Aksara.

___________. 1994. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta .

___________. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. 2013. Fonologi Bahasa Indonesia.Jakarta : Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. ECHA, Kisah Perolehan Bahasa Anak Indonesia.

Jakarta: Grasindo.

_____________.2012. Cetakan ke-5. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa

Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. 1986. Pengembangan Ilmu Bahasa dan Pembinaan Bangsa.Ende : Nusa Indah.

Latip, Moh. Abdul. 2015. Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Di

Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah

(Kajian Fonologi Dan Leksikon). Universitas Mataram

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mainora, Leni. 2018. Analisis Perubahan Bunyi Bahasa dalam Esai Pemelajar BIPA

Timor Leste. Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi

Kebahasaan.

Muslich, Masnur. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi

Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadra. 2010. Bahasa dan Teknik Penulisan: Karya Ilmiah dan Surat Resmi. Padang:

Andalas University Press.

Novriza, Sari. 2014. Hubungan Pemerolehan Bahasa Pertama Dengan Keterampilan

Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Universitas Bengkulu.

Ramlan. M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Ramlan, M. 2012. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Sari, Fitri Armaya. 2012. Pemerolehan Bahasa Melayu Anak Usia 3-4 Tahun pada

Masyarakat Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung

Beringin (Kajian Psikolinguistik). Universitas Sumatera Utara.

Sebayang, Sri Kurnia Hastuti. 2018. Analisis Pemerolehan Bahasa (Bahasa Melayu)

pada Anak Usia 3 Tahun. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Budidaya, Binjai.

Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian

Wahana Kebudayaan

Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Trinowismanto, Yosep. 2018. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0 s.d 3 Tahun

dalam Bahasa Sehari-hari (Tinjauan Psikolinguistik).Universitas

Sanata Dharma.

Verhaar, J.W.M. 1993. Pengantar Linguistik Cetakan ke-19. Yogyakarta : Gajah Mada

University Press.

Wulandari, Desy Indah. 2018. Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun

di PAUD Lestari Desa

Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Universitas

Negeri Surabaya.

Yogatama, Adiprana. 2011. Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun Ditinjau

dari Sudut Pandang Morfosintaksis. Universitas Muhammadiyah

Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.