PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENJAGA KERUKUNAN BERAGAMA DI INDONESIA

Yenny Merinatul Hasanah

Abstract


Tulisa ini berusaha mengkaji proposi subtansi materi Pendidikan Agama Islam (PAI) ditinjau dari aspek merawat kerukunanan beragama di Indonesia. Mendengar istilah kerukunan umat beragama tentu identik dengan toleransi. Istilah toleransi memiliki makna saling memahami, saling mengerti, dan saling membuka diri dalam bingkai persaudaraan. Jika istilah toleransi dijadikan pegangan, maka “toleransi” dan “kerukunan” adalah suattu yang ideal dan inginkan oleh masyarakat. Konteks ke-Indonesiaan, krukunan berarti kebersamaan antara umat beragama dengan Pemerintah dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pendidikan Agama Islam membimbing dalam mengungkapkan ajaran Islam yaitu hidup damai, rukun dan toleran. Kerukunan umat beragama adalah kondisi antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong menolong, dan kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kerukunan.

Full Text:

PDF

References


Arnaldi, M, Effectivity metode intervenesmeta kognisi for learning disability of children in Indonesia, Procedia-Social and Behavioral Sciences. ICEEPSY, 2011, 164-169. Basleman, A., & Mappa, S, Teori Belajar orang dewasa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011. Fry, H., Keteridge, S., & Marshall, S, A handbook for teaching and learning in higher educationn enhancing academic practice (3rded.), New York: Roudledge, 2009. Illeris, K.. Contemporary theories of learning: Learning theorist in their own word, New York: Routledge, 2009. Ormrod, J.E, Human learning (6thed.), New York: Pearson Education, Inc, 2012. Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005. Rijal, Syamsul, H, Buku Pintar Agama Islam, Jakarta: Penebar Salam, 2001. Ross, B.H, The psychology of learning and motivation: Advences in reasearch and theory. Urbana. Elsevier Inc, 2008. Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R, Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.