PERAN KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK MENCIPTAKAN KELUARGA SAKINAH DAN BERAKHLAK

Budi Mulia

Abstract


Perkembangan teknologi dan infomasi menawarkan ragam kreatifitas dan penggiringan opini yangdikemas sangat menarik, terutama untuk konsumsi anak Sekolah Dasar. Dewasa ini anak lebih pintar mencari informasi via internet melalui rental internet, mereka cennderung mengakses informasi taanpa batas pengawasan dari orangtua.Pola pembinaan dan perhatian keluarga yang kurang, dapat mempengaruhi fisik maupun mental pada anak, Sekolah menjadi pusat pembinaan karakter dan keterampilan, usaha untuk mengarah tujuan pendidikan telah sedemikian rupa melalui kurikulum tambahan sebagai ciri khas dari masing-masing sekolah. Komunikasi melalui keluarga menjadi efektif dikala orangtua mampu memposisikan diri dihadapan anak-anaknya.Sebuah usaha yang efektif serta komunikasi yang baik dan berkelanjutan antara orangtua dengan anak merupakan faktor pentingdalam mengetahui kesulitan atau masalah-masalah yang dihadapi seusianya.Sudah menjadi penting dan bagaimana membentuk relasi yang hangat dengan anak.Penelitian ini menjadi penting agar orangtua dapat menjadikan keluarga sakinah menjadi sarana untuk berdiskusi sehingga kejdian-kajadian yang tidak diinginkan tidak menimpa anaknya. Akhlak menjadi sasaran dari aktifitas komunikasi orangtua dengan anak dalam menciptakan keluarga sakinah. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Keluarga Sakinah

Full Text:

PDF

References


A. Kadir Ahmad, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif, Makassar: Indobis Media Centre, 2003.

Ali Al-Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 1994. Daradjat Zakiah dkk, Ilmu Pendidikan Islam ,Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2006. Daradjat Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1970. Departemen Agama RI, Al-Qur‘an dan terjemahnya. Jakarta, 2012.

otivasi Berkeluarga, Terjemahan dari Ahad AI Usrah fi al-Islam, Pustaka al-Kautsar, Jakarta: 1984. Hussin Sufean,Jamaluddin TubahMenuju Keluarga Sakinah, Pustaka al Kautsar, Jakarta: 2004. Jalaludin, Mempersiapkan Anak Sholeh, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996. Jaudah Muhammad Awwad, Mendidik Anak Secara Islami, Jakarta: Gema Insani Press, 1999. Junaedi Dedi,Bimbingan Perkawinan Mebina Keluarga akinah menurut Al Qur’an dan As Sunah, Akademika Pressindo, (Jakarta: 2003), hal 18 – 19 Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002. Lihat Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek Jakarta: Rineka Cipta, 1991. Maskawaih Ibnu, Tahdzib al-Akhlaq wa Tathhir al-A‘raq, Beirut : Mansyurah Dar alMaktabahal-Hayat, 1398 H. Mu‘allifah, Psycho Islamic Smart Parenting, Metode Smart Parenting Psikologi Islam Terkini, Jogyakarta: DIVA Press, 2009. Muchlas Samani, Menggagas Pendidikan Bermakna, Surabaya: SIC, 2007. Muhammad Aman AI Jama'I, Nizham al Ushrah fi al Islam, al Risalah al Amanah, Ii Idarah al Buhuts al I1miyah wa al Tifta wa al Da'wah wa al Irsyad, Riyad: 1984. Muhammad Azmi, Pembinaan Akhlak Anak Usia pra Sekolah, Upaya mengefektifkan Nilai-nilai Pendidikan dalam Keluarga Yogyakarta; Belukar, 2006.

Muhammad Yusuf Husen, Motivasi Berkeluarga, Terjemahan dari Ahad AI Usrah fi al-Islam, Pustaka al-Kautsar, Jakarta: 1984.

Mustafa A., Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia, 1999. Nata Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta : PT. raja Grafindo Persada, 2000. Rahmaniyah Istighfaratur, Pendidikan Etika, Konsep Jiwa dan Etika Perspektif Ibnu Miskawaih dalam Kontribusinya di bidang Pendidikan, Malang, UIN Maliki Pree, 2011. Ruswandi Uus, ―Orientasi Pendidikan Umum dan Pembinaaan akhlak Remaja”,dalamTedi Priatna (Ed.),Cakrawala Pemikiraan Pendidikan Islam,Bandung: Mimbar Pustaka, tt Samani Muchlas, Menggagas Pendidikan Bermakna, Surabaya: SIC, 2007. Shaheh Bukhari, Maktabas-al-Syamila tt. Sudirman.IlmuPendidikan.1991 Sugiyono, Statistik Untuk Penelitain, Bandung : Alfabeta, 2005 Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara, 2006. Sukmadinata, N.Sy..Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda, 2007 Ummu Hani, Rekayasa Demografis dan Globalisasi Kerusakan Aspek Konfiratif Konferensi Kairo dan Beijing, Jakarta: 1996. UU Sisdiknas, UU RI no 20 Tahun 2003, Bab I, Pasal I no I, Jakarta: Sunan Grafika, 2003. Zaleha Leha Muhamad, Keluarga bahagia, Jakarta: tp, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.