PLURALISME DALAM AL QURAN

Muhammad Jazuli

Abstract


Indonesia adalah negara yang beragam, dapat dikatakan mungkin adalah salah satu negara paling beragam di dunia.Frans Magnis Suseno menyebut Indonesia sebagai satu negara yang paling pural di dunia, bahkan oleh Steven Barraclough menyebut Indonesia sebagai yang paling beragam di muka bumi ini.Namun keberagaman seperti gambaran tersebut pasti memiliki konsekuensi. Sisi baik dari keberagaman di antaranya jika berkembang serta berjalan dengan harmonis maka akan memberikan modal positif bagi masyarakatnya, namun di sisi lain kondisi ini memiliki potensi untuk rentan terhadap adanya gesekan di masyarakat bahkan konflik yang lahir di dalamnya.Banyak pertanyaan dalam kaitan antara Islam dalam fenomena pluralisme agama ini.seperti adakah pluralisme itu dijelaskan dalam al Quran, serta bagaimana Islam memandang pluralisme.
Dari beberapa bahasan diatas maka terdapat kesimpulan; pertama, bahwa pluralisme merupakan sebuah pemahaman keberbedaan sekaligus dalam arti kemajemukan, menjalani kehidupan bersama dalam kesadaran akan sikap saling menghargai, menghormati dan memahami berbagai perbedaan baik suku, ras agama bahkan kehidupan sosial politik. Kedua, pluralisme sedikitnya memiliki tiga unsur yang menjadi bagian adanya berjalannya pluralisme, Pertama adanya dialog, yaitu dialog antar agama, aliran dan keyakinan yang berbeda; Kedua, Penilaian positif, yaitu menilai baik terhadap berbagai kemajemukan yang ada, dan yang Ketiga Menerima perbedaan.
Kata Kunci: Pluralisme, keberagaman,

Full Text:

PDF

References


Alwi Shihab, Islam Inklusif (Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama). Bandung; Mizan, 1999

Budy Munawar Rachman, Islam Pluralis, Wacana Kesetaraan Kaum Beriman, Jakarta: Paramadina, 2002.

Ensklopedi Akidah Islam. Jakarta: Prenada Media. 2003.

Madjid, Nur Cholish, Islam Doktrin dan Agama, Jakarta: Paramadina.2003.

Mercia Eliade (ed), The Encyclopedia or Religion, (New York: Macmillan Library Reference USA,1993.

Mujamil Qomar, Fajar Baru Islam Indonesia?: Kajian Komprehensif atas Arah Sejarah dan Dinamika Intelektual Islam Nusantara. Jakarta: PT. Mizan Pustaka, 2012.

Rachman, Budy Munawar. Islam Pluralis, Wacana Kesetaraan Kaum Beriman. Jakarta: Paramadina. 2002.

Raharjo.M. Dawam, Kata pengantar dalam Budhy Munawar Rachman, Reorientasi Pembaruan Islam Sekularisme dan pluralism Paradigma Baru Islam Indonesi., Jakarta: LSAF-Paramadina, 2010.

Susanto, Edi.Dimensi Studi Islam Kontemporer.Jakarta: Prenadamedia Group. 2016.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif (Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama). Bandung; Mizan, 1999.

Umar, Nasaruddin. Islam Nusantara, Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesi.. Jakarta: Gramedia. 2019.

Yakin, Ayang Utriza. Islam Moderat dan Isu-Isu Kontemporer (Demokrasi, Pluraisme, Kebebasan Beragam, non Muslim, Poligami dan Jihad). Jakarta: Kencana. 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.