Pengenalan Perilaku Keseharian Beragama Pada Anak Usia Dini

Sri Wahyuni

Abstract


Perilaku menyimpang pada usia remaja semakin marak di berbagai tempat merupakan akar permasalahan dalam artikel ini. Hal tersebut membuat para orang tua merasa khawatir akan masa depan anak-anaknya. Oleh karena itu perlu pengenalan perilaku keseharian beragama pada anak sejak usia dini. Tujuan yang ingin dicapai adalah ketepatan mengasuh dan mengasah anak, agar terbentuk masa depan anak yang gemilang. Adapun cara-cara Islam yang disebarluaskan di masa Rasulullah SAW, pembentukan perilaku Islami tidak hanya dengan sekedar menyampaikan informasi dengan makna tentang yang baik dan yang buruk, akan tetapi memberikan pemahaman agar terjadi perubahan yang mengantarkan anak berkeinginan kuat untuk berubah secara positif. Pembiasaan dan keteladanan merupakan cara yang paling ideal diterapkan oleh orang tua dalam mengenalkan anak terhadap perilaku keseharian beragama. Perilaku yang demikian dapat menjadi kuat dengan pemberian penghargaan atau hukuman dari orang tuanya. Yaitu memberikan penghargaan atas perilaku baik anak, dan memberikan hukuman (yang tidak kasar dan tidak menyakitkan) kepada anak. Adapun aspek-aspek pendidikan yang sangat penting untuk diberikan dan diperhatikan orang tua, yaitu: pendidikan ibadah, Al-Qur‟an, akhlak karimah dan akidah.

Full Text:

PDF

References


------------------, Ensiklopedi Nasional Indonesia, Bekasi: PT. Delta Pamungkas, Cet. IV, 2004. Ariesta, Riany, Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar, Bandung: PT. Sandiarta Sukses, 2010. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Departemen Agama, 2009.

Hadi, Saiful. Pola Pengasuhan Islami dalam Pendidikan Keluarga (Penguatan Peran Keluarga Jamaah Masjid Baitul Abror Teja Timur). (2017). Jurnal: Tadris Volume 12 Nomor 1. Hafidhuddin, Didin, --------------------------, Jakarta: Gema Insani Press, 2003. K.S., D.E. Dewi. Pengembangan Program Parenting Bagi Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Positif dan Karakter Islami. (2012). Proseding Seminar Nasional Psikologi Islami. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 1988. Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Marzuki, A. Chorun. Anak Saleh dalam Asuhan Ibu Muslimah, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 1998. Sa‟ad, Musthafa Abu, 30 Strategi Mendidik Anak, Cet: II; Jakarta: Maghfirah Pustaka. Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bina Aksara, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.