Editorial Policies

Focus and Scope

Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum merupakan jurnal ilmiah yang berisikan gagasan dan pengetahuan hukum yang berasal dari akademisi, peneliti dan praktisi dibidang hukum, atas fenomena hukum yang jamak terjadi di masyarakat. fenomana hukum yang tercipta dari proses pembentukan undang-undang hingga proses pelaksanaan undang-undang tersebut. Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum akan Diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Pamulang (UNPAM) sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun yaitu (Agustus dan Desember). Ruang lingkup Jurnal Hukum dan Keadilan adalah:

A. Hukum:
1. hukum perdata,
2. hukum pidana,
3. hukum administrasi,
4. hukum militer,
5. hukum konstitusional,
6. hukum internasional.

B. Yudikatif:
1. manajemen kasus pengadilan
2. manajemen peradilan.


C. Kriminologi dan Hukum:

D. Victimology dan Hukum

E. Forensik dan Hukum

Ilmuwan, baik dalam maupun luar negeri yang fokus dengan kajian tersebut dapat berkontribusi dan mengkomunikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ini. Artikel yang masuk akan dinilai oleh peer-reviewer, dan jika dipandang layak akan diterbitkan.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum menggunakan sistem pengiriman dan peninjauan online. Pengajuan dan tinjauan sejawat untuk setiap artikel harus dikelola menggunakan sistem ini dan berdasarkan pada Kebijakan Peer Review berikut.

  1. Dewan Editorial Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum bertanggung jawab untuk pemilihan makalah dan seleksi peninjau.
  2. Artikel akan diterbitkan jika mengikuti panduan penulis dan persiapan naskah.
  3. Artikel biasanya harus ditinjau oleh setidaknya satu peninjau independen.
  4. Peninjau akan dipilih berdasarkan pengalaman historisnya dalam meninjau naskah atau berdasarkan bidang spesialisasinya
  5. Reviewer tidak menyadari identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas peninjau (double blind review)
  6. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
  7. Editor akan mengirimkan keputusan akhir terkait pengiriman ke penulis yang sesuai berdasarkan rekomendasi pengulas.
  8. Dewan Editorial Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum harus melindungi kerahasiaan semua materi yang diserahkan ke jurnal dan semua komunikasi dengan pengulas.
  9. Sebelum penerbitan, Penulis harus menandatangani Pemberitahuan Hak Cipta.
  10. Dewan editorial Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum harus mengikuti kebijakan Journal terkait dengan pengungkapan konflik kepentingan oleh penulis dan pengulas.
  11. Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum memiliki tiga jenis Keputusan:
  • Diterima
  • Revisi (Manuskrip akan diterima setelah Revisi)
  • Ditolak (umumnya, atas dasar luar ruang lingkup dan tujuan, masalah deskripsi teknis utama, kurangnya kejelasan presentasi).

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

PUBLICATION ETHICS

Pedoman etika untuk publikasi jurnal (berdasarkan kebijakan Elsevier)

 

KEWAJIBAN PENULIS

(berdasarkan kebijakan Elsevier dan Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal)

 

Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi obyektif dari signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di artikel. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan. "Pernyataan yang curang atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima". Ulasan dan artikel publikasi profesional juga harus akurat dan obyektif, dan pekerjaan opini editorial harus diidentifikasi secara jelas seperti itu.

 

Akses dan retensi data

Penulis dapat diminta untuk menyediakan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik ke data tersebut, jika memungkinkan, dan dalam hal apa pun harus siap untuk mempertahankan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

 

Orisinalitas dan plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip dengan tepat. Plagiarisme mengambil banyak bentuk, dari 'mewariskan' makalah lain sebagai artikel penulis sendiri, untuk menyalin atau memparafrasakan bagian-bagian substansial dari makalah lain (tanpa atribusi), untuk mengklaim hasil dari penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Plagiarisme dalam semua bentuknya merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Publikasi ganda, redundan atau konkuren

Seorang penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan naskah yang menjelaskan pada dasarnya penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Secara umum, seorang penulis tidak boleh mengajukan pertimbangan di jurnal lain yang telah dipublikasikan sebelumnya. Publikasi beberapa jenis artikel (misalnya pedoman, terjemahan) di lebih dari satu jurnal terkadang dapat dibenarkan, asalkan persyaratan tertentu dipenuhi. Para penulis dan editor jurnal yang bersangkutan harus menyetujui publikasi kedua, yang harus mencerminkan data dan interpretasi yang sama dari dokumen primer. Referensi utama harus dikutip dalam publikasi sekunder.

 

Pengakuan sumber

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat hasil penelitian yang dilaporkan. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga, tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis eksplisit dari sumbernya. Informasi yang diperoleh dalam layanan rahasia, seperti naskah hasil review atau aplikasi hibah, tidak boleh digunakan tanpa izin tertulis eksplisit dari penulis pekerjaan yang terlibat dalam layanan ini.

 

Penulisan naskah bersama

Penulisan naskah bersama harus dibatasi bagi mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan pada konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis (jadi ini berarti bahwa naskah setidaknya memiliki penulis dan anggota penulis). Ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama harus memastikan bahwa semua anggota penulis yang tepat dan tidak ada anggota penulis yang tidak pantas dimasukkan di atas artikel, dan bahwa semua anggota penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah ini dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi. Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus secara jelas mengidentifikasi ini di dalam naskah.

 

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam nas ah mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan. Contoh potensi konflik kepentingan yang harus diungkapkan termasuk pekerjaan, konsultasi, kepemilikan saham, honorarium, kesaksian ahli berbayar, permohonan/ pendaftaran paten, dan hibah atau pendanaan lainnya. Potensi konflik kepentingan harus diungkapkan pada tahap sedini mungkin.

 

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel tersebut. Jika editor atau penerbit belajar dari pihak ketiga bahwa karya yang dipublikasikan mengandung kesalahan yang signifikan, adalah kewajiban penulis untuk segera mencabut atau memperbaiki artikel atau memberikan bukti kepada editor tentang kebenaran artikel.

 

PLAGIARISM CHECKER