PERBANDINGAN ESTIMASI S (SCALE) DAN ESTIMASI MM (METHOD OF MOMENT) PADA MODEL REGRESI ROBUST DENGAN DATA PENCILAN

Authors

  • Arif Semar Universitas Pakuan
  • Fitria Virgantari Universitas Pakuan
  • Hagni Wijayanti Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v2i1.4207

Keywords:

pencilan, estimasi MM, estimasi S, regresi robust

Abstract

Model regresi merupakan model yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara variabel bebas dan tidak bebas. Salah satu metode yang sering digunakan untuk menduga parameter model regresi adalah metode OLS (Ordinary Least Square). Dalam model regresi dimungkinkan terdapat outlier (pencilan) yang menyebabkan beberapa asumsi regresi tidak terpenuhi sehingga nilai prediksi menjadi kurang akurat oleh karena itu digunakan metode yang dapat menangani data outlier. Salah satunya adalah metode regresi robust dengan menggunakan estimasi S (Scale) dan MM (Methode of Moment) karena memiliki breakpoint (jumlah maksimum data pencilan yang dapat ditoleransi oleh sebuah model) yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan membandingkan estimasi OLS, estimasi S dan estimasi MM yang mengandung data pencilan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa kemampuan membaca sekelompok anak yang berumur 4 sampai 7 tahun, umur, skor daya ingat dan IQ . Hasil penelitian menunjukkan metode regresi robust estimasi S merupakan metode terbaik dibandingkan estimasi OLS & estimasi MM karena memiliki nilai R2 tertinggi yaitu sebesar 94,29%. Berdasarkan metode estimasi S diperoleh model Y = −1,107 + 0,484X1 + 0,052X2 + 0,045X3 dengan Y adalah skor membaca anak-anak yang berumur 4 sampai 7 tahun, X1 adalah umur, X2 adalah skor daya ingat dan X3 adalah IQ.

References

Indra S, Vionanda D, Sriningsih R. 2013. Pendeteksian Data Pencilan dan Pengamatan Berpengaruh pada Beberapa Kasus Data Menggunakan Metode Diagnostik. Journal of Mathematics. Vol. 2, No. 1, 67-74. Universitas Negeri Padang.

Kurniawati, LD. 2011. Kekekaran Regresi Linier Ganda dengan Estimasi MM (Method of Moment) dalam Mengatasi Pencilan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Pratitis WD dan Listyani E. 2016. Perbandingan Metode Estimasi-M , Estimasi-S , Dan Estimasi-MM Pada Model Regresi Robust Untuk Memprediksi Produksi Kedelai Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Saint. Vol. 5, No. 5. Universitas Negeri Yogyakarta

Riadi E. 2014. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Pustaka Mandiri. Tangerang.

Romdi, Wahyuningsih S, dan Yuniarti D. 2015. Regresi Robust Linear Sederhana dengan Menggunakan Estimasi MM (Method of Memont). Jurnal Eksponensial. Vol.6. No. 2. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Sahari R. 2012. Model Produksi Jagung di Indonesia Menggunakan Regresi Robust Estimasi S. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2020-01-30

Issue

Section

Articles