PENGARUH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DAN KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK BINA HARAPAN CISEENG, BOGOR

Tutri Indraswari, Ayu Puspa Lestiyadi, Kartika Sari Dewi

Abstract


Penelitian yang dikerjakan oleh penulis ini mempunyai maksud untuk mencari bagaimana Pengaruh Kemampuan Belajar Siswa dan Kondisi Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Bina Harapan Ciseeng, Bogor. Metode yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dan mengambil data dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa SMK Bina Harapan. Sampel yang digunakan adalah siswa SMK Bina Harapan kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 3 kelas yang berjumlah 105 siswa. Asumsi klasik digunakan untuk menganalisa data, dengan metode linear berganda serta bantuan software statistik SPSS. Hasil uji hipotesis dari penelitian ini yaitu Kemampuan Belajar berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Bina Harapan Ciseeng, hasil perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,338 > 1,659) dan sig < 0,05 (0,036 < 0,05). Lingkungan Belajar berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Bina Harapan Ciseeng, hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel (10,523 > 1,689) serta sig < 0,05 (0,000 < 0,05). ”Kemampuan Belajar Siswa dan Kondisi Lingkungan Belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Bina Harapan Ciseeng”, nilai Fhitung sebesar 55,368, nilai probabilitas (sig) = 0,000. Nilai Fhitung 55,368 > Ftabel 3,09 serta nilai signifikan < nilai probabilitas sebesar 0,05 (0,000 < 0,05).

 

Kata Kunci : Kemampuan Belajar Siswa, Kondisi Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/smk.v5i1.18417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285880118922
E-mail: jurnalsemarak.unpam@gmail.com






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.