Analisa Komparasi Kualitas Pelayanan Pada Indomaret Dan Alfamart ( Studi Kasus Pada Konsumen Di Gempol Pasuruan)

Authors

  • Rita Alfin STIE Gempol Pasuruan
  • Nur Aida STIE Gempol Pasuruan
  • Listiyana Listiyana STIE Gempol Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v5i2.21417

Keywords:

Kualitas Layanan, Indeks Kepuasan konsumen

Abstract

Swalayan Indomaret dan Alfamart menyebar ke berbagai wilayah mulai kota kecil bahkan desa dan keduanya bersaing secara head to head dan tentu tidak mudah untuk memenangkan persaingansehingga mereka harus memberikan kualitas pelayanan terbaik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas layanan Alfamart dan Indomaret. Jenis penelitian kuantitatif komparatif independen dua sampel yaitu pengukur kualitas pelayanan Indomaret dan Alfamart. Populasi adalah konsumen Alfamart dan Indomaret dengan jumlah sampel masing masing kelompok sebanyak 55 dan tehnik sampel menggunakan random sampling, instrument penelitian menggunaan angket dengan skala Likert 1 (Sangat tidak setuju) - 5 (sangat setuju). Metode analisa mengunakan uji validitas-reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test dan IKK. Berdasarkan uji Independent sampel T Test disimpulan bahwa kualitas layanan di Indomaret dan Alfamart berbeda dengan kualitas pelayanan Indomaret lebih baik dibandingkan Alfamart terutama pada dimensi fisik sementara dimensi kualitas layanan yang lain relatif sama. Hasil uji independent ini selaras dengan hasil IKK dimana IKK Indomaret 0,78> IKK di Alfamart 0,74 dengan nilai IKK tertinggi Indomaret ada pada dimensi Fisik yang berada pada level lebih sangat puas sementara posisi kedua ada pada indikator empathy. Nilai IKK tertinggi pada Alfamart ada pada indikator empathy diikuti posisi kedua oleh indikator bukti fisik.

Published

2022-06-21