PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN FAKTOR KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAHDASAR (Study Kasus Di Kecamatan Pondok Betung, Tangerang Selatan)

Budhi Prabowo, Angga Juanda, Ibrahim Bali Pamungkas

Abstract


ABSTRAK

Seiring pesatnya era digitalisasi,perkembangan teknologi informasi dalam gadget dan aplikasi yang terkandung didalamnya seperti youtube dan game online juga mengalami perkembangan. Game Online menyajikan tantangan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan game offline, Game online bersifat seduktif yang berarti dapat menyebabkan kecanduan, Kecanduan game online ditandai oleh sejauh mana seseorang bermain game secara berlebihan sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.Game online bersifat sangat seduktif yang berarti dapat menyebabkan kecanduan karena memiliki daya tarik dan tingkat keseruan yang tinggi. Seseorang yang mengalami kecanduan game online menganggap bahwa bermain adalah suatu kebutuhan prioritas dimana ketika mereka berhenti bermain maka akan merasakan keadaan gelisah, cemas, dan Nampak murung dan menganggap game online adalah sarana penghibur diri dari sesuatu masalah yang sedang dialami.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif analisis. Maka dilakukan pengujian statistic untuk mengukur seberapa besar pengaruh diantara variabel-variabel yang diteliti dan proses perhitungan statistic. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri di wilayah Tangerang Selatan, merupakan objek yang dipilih oleh peneliti dan yang menjadi subjek penelitiannya adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 128 orang dan semua anggota populasi merupakan random sampling untuk penentuan responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Teknologi Informasi (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y). Y = a + b(X) adalah Y = 16,298 + 0,599(x1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara secara parsial antara Faktor Keluarga (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y). Y = a + b(x) adalah Y = 14,445 + 0,637(x2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Teknologi Informasi (X1) dan Faktor Keluarga (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y). persamaan regresi linear berganda Y = a + b1x+ b2xadalah Y = 8,241 + 0,391(x1) + 0,417(x2).

Simpulan dari hasil penelitian yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara teknologi informasi dan faktor keluarga terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan.

Kata Kunci: Teknologi InformasiFaktor Keluarga dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/smk.v3i1.4509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6285880118922
E-mail: jurnalsemarak.unpam@gmail.com






Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.