Gertuman Sekolah Kinerja Sukses

Authors

  • Sukimin Sukimin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan

Abstract

Rendahnya tingkat keharmonisan dan kinerja pada sekolah binaan disebabkan oleh proses manajerial yang dilakukan oleh kepala sekolah yang cenderung bersifat otoriter, membiarkan, dan kurang partisipatif. Untuk mencairkan atau mengatasi masalah tersebut seorang pengawas sekolah dalam melakukan tugas pokoknya untuk pembinaan, pemantauan dan penilaian penyelenggaraan pendidikan pada sekolah binaannya baik negeri maupun swasta melalui gerakan temu teman kinerja sekolah sukses. Dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan warga sekolah yang harmonis dan kinerja sekolah maksimal. Studi Kasus Layanan Kepengawasan Kompetensi Sosial di dua sekolah binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2019/2020, dengan rumusan permasalahan bagaiman mencairkan hubunangan antara guru, tendik dan kepala sekolah yang kurang harmonis melalui metode pembimbingan dengan pendekatan komunikasi, diskusi dan konsultasi secara langsung dapat meningkatkan kompetensi kompetensi sosial. Hasil pemantauan 73 guru dari dua sekolah binaan tampak hubungan warga sekolah harmonis dan kinerja sekolah melalui penilaian kompetensi sosiaal berhasil baik. Kata Kunci : Gertuman; komunikasi; harmonis; kinerja sukses

References

Indonesia (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/madrasah.Jakarta : Menteri Pendidikan.

Kemdikbud. (2015). Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah, Apa dan Bagaimana Menilainya. Jakarta: Dirjend GTK

Kemdikbud (2017). Panduan Kerja Pengawas Sekolah/Madrasah Pendidikan Dasar dan Menengah,.Jakarta : Dirjen GTK

Disdikbud (2017). Diklat Calon Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan : Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD)

Salsabiela, (2019). Sahabat sejati kini dan nanti, Yogyakarta : C-Klik Media

Suswanto, (2019), Kompetensi Kepribadian Guru (Suatu Konsep Teoritis dan Aplikasinya dalam Pembentukan Guru Profesional)†Murabbi: Jurnal Ilmiah.

Derita, Emi (2018) “Usaha Peningkatan Prestasi melalui pengawasan dan komunikasi kepala sekolah terhadap Guru-Guru di SD Negeri Kota Bukit Tinggi†Jurnal Ilmiah

Kemendikbud, (2011), Buku Kerja Pengawas Sekolah, Jakarta, Pusbantensik, Badan PSDM dan PMP Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-03-13