PENYULUHAN MARKETING DIGITAL YANG TEPAT UNTUK PRODUK OLAHAN IBU-IBU PKK KELURAHAN PAMULANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i3.p75-79.y2021Abstract
Perdagangan dengan melalui media Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan,pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan internet. Adapun
tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk menanamkan pemahaman
bagaimana manajemen pemasaran yang efektif bagi ibu-ibu PKK; mengetahui peran usaha kecil
dan mikro dalam pemasaran online serta menanamkan pemahaman bagaimana pemasaran berbasis
online efektif melalui disiplin ilmu yang benar di Kelurahan Pamulang Barat, Kota Tangerang
Selatan.
Dalam melaksanakan kegiatan PKM digunakan beberapa meode pelatihan, yaitu: 1)
Metode Ceramah/Presentasi. Metode ceramah/presentasi dipilih untuk memberikan penjelasan
tentang: a. Memberikan pengetahuan terkait pemasaran online. b. Presentasi mengenai materi ecommerce; 2) Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab sangat penting bagi para peserta
pelatihan. Metode ini memungkinkan menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang
pengelolaan pemasaran online; 3) Sharing Session Tentang mengoptimalkan pemasaran melalui
online. Sharing session ini diberikan kepada para peserta pelatihan dalam memberikan masukan
dan bimbingan untuk mempraktekan materi yang diperoleh. Harapannya, peserta pelatihan dapat
menguasai materi pelatihan yang diterima dan dapat diaplikasikan dalam mengelola usahanya.
Adapun hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pengenalan
manajemen pemasaran berbasis online di Kelurahan Pamulang Barat. Dengan cara manajemen
yang benar dalam pemasara online dengan media E-commerce dapat meningkatkan keuntungan
dengan memperhatikan produk yang akan dijualnya melalui media online.
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, E-commerce