PENINGKATAN KAPASITAS PENJUALAN DAN PRODUKSI UMKM JAMU HERBAL ASRIFOOD, CARANGWULUNG, WONOSALAM, JOMBANG, JAWA TIMUR

Authors

  • Diah Krisnaningsih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ruslianor Maika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Eka Vebrly Maretha Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Iza Faiza Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32493/ABMAS.v3i1.p30-37.y2021

Abstract

Isu utama pengabdian masyarakat saat ini adalah penggunaan digital marketing untuk
peningkatn kapasitas penjualan dan produksi UMKM Jamu Herbal Asrifood, Carangwulung,
Wonosalam Jombang, Jawa Timur karena belum optimalnya sistem pemasaran yang dimiliki
UMKM terutama bidang digital marketing Sistem pemasaran yang dijalankan selama ini dengan
sistem konsinyasi di beberapa toko oleh-oleh kota Jombang dan e commerce sehingga penjualan
kurang maksimal.
Permasalahan lain yang dihadapi UMKM Jamu Herbal Asrifood, Carangwulung,
Wonosalam Jombang, Jawa Timur ini adalah kapasitas produksi jamu herbal yang tidak maksimal
karena kendala tidak memiliki mesin pengolah tepung atau penggiling sendiri dan selama ini
meminjam dari tetangga. Hal tersebut pasti mengakibatkan proses produksi yang terhmbat dan
tidak maksimal baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Hasil pengabdian kepada masyarakat
dengan program pendampingan ini diharapkan berkontribusi positif bagi peningkatan penjualan
dan kapasitas produksi UMKM Jamu Herbal Asrifood, Carangwulung, Wonosalam Jombang,
Jawa Timur dimana dimasa pandemi ini jamu herbal dari rimpang dan rempah diminati
masyarakat Indonesia karena khasiatnya dalam meningkatkan imunitas tubuh.
Adapun target luaran yang akan dicapai adalah jurnal ilmiah ABDIMAS ALTRUIS:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, publikasi di media cetak dan online, peningkatan
kapasitas penjualan dan produksi UMKM Jamu Herbal Asrifood, Carangwulung, Wonosalam
Jombang, Jawa Timur.
Kata kunci : Digital Marketing, Penjualan, Produksi, UMKM Jamu Herbal Asrifood, Mesin
Penggiling

Downloads

Published

2021-12-07