MEMBANGUN AFTER SALES YANG BAIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL NAWILIS CABANG PARUNG BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32493/ABMAS.v3i1.p50-56.y2021Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Bengkel Nawilis Cabang
Parung Bogor ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana
melaksanakan pelatihan terhadap karyawan dan bagaimana meningkatkan pemberian reward dan
punishment bagi karyawan serta meningkatkan motivasi karyawan dalam belerja.
Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap
survei yaitu sosialisasi dilakukan dengan menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada
saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan
diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke
lokasi pengabdian. Tahap sosialisasi yaitu sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih
dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan kepala sekolah,
menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan
kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. Tim pelaksana kegiatan pengabdian
pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan manajemen sebanyak 5
orang. Tim pengabdian memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek dalam
menghadapi permasalahan yang ada.
Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya pengetahuan bagi
Para Peserta (karyawan) di Bengkel Nawilis Cabang Parung Bogor agar mereka terlatih
meningkatkan kualitas pelayanannya serta motivasinya semakin meningkat dalam upaya
memperbaiki skill mereka. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan
mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan materi dan motivasi serta
berkontribusi bagi generasi muda, baik dilingkungan dunia usaha, kampus dan keluarga.
Kata Kunci: Pelatihan, Pelayanan, After Sales