Sosialisasi & Edukasi Pemasaran Produk Melalui Marketplace Kepada Anggota PKK di RT 02 RW 03 Desa Pegandan Margorejo Kabupaten Pati

Authors

  • Vika Diyah Ardiyanti Universitas Al Hikmah Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32493/ABMAS.v4i3.p54-58.y2023

Abstract

Jika dulu proses jual beli dilakukan secara langsung atau tatap muka, saat ini telah hadir
pasar digital atau lebih dikenal dengan marketplace. Marketplace hadir dengan menawarkan
banyak kemudahan baik bagi penjual maupun pembeli. Pemasaran produk dengan
memanfaatkan teknologi sejalan dengan visi misi Program Studi Bisnis Digital Universitas Al
Hikmah Jepara sehingga perlu dilaksanan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Program
tersebut dilaksanakan di Lingkungan PKK RT 2 RW 3 Desa Pegandan. Metode yang
dilaksanakan dengan ceramah, tanya jawab, dan simulasi secara langsung. Program
dilaksanakan setiap bulan satu kali selama enam bulan berturut-turut pada periode Februari
sampai Juli 2023.
Setelah dilaksanakan sosialisasi dan edukasi pemasaran produk melalui marketplace,
peserta sudah memahami sistem dan caranya. Sebagian dari peserta bahkan sudah mulai
memasarkan produknya melalui marketplace dan mengikuti program-program yang disediakan
oleh ptaform.
Kata Kunci : Pengabdian Masyarakat, Sosialisasi, Marketplace, Shopee

Downloads

Published

2024-05-21