Digital Marketing Untuk UMKM

Authors

  • Anis Syamsu Rizal Universitas Pamulang
  • Sevty Wahiddirani Saputri Universitas Pamulang
  • Nurjaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/ABMAS.v5i1.p105-109.y2023

Abstract

Digital marketing merupakan suatu perkembangan teknologi yang tdak dapat dielakkan lagi
dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini. Digital marketing bisa digunakan sebagai
salah satu strategi pemasaran dengan menggunakan internet dan teknologi informasi untuk
memperluas fungsi pemasaran tradisional. Beberapa orang merasa ketegantungan dengan adanya
internet, termasuk aktifitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan
teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Digital marketing yang biasanya terdiri dari
pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan
calon konsumen. Di satu sisi, digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan
menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga
bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya
sehingga mempermudah proses pencariannya. Pembeli kini semakin mandiri dalam membuat
keputusan pembelian berdasarkan hasil pencariannya. Digital marketing dapat menjangkau
seluruh masyarakat di manapun mereka berada tanpa ada lagi batasan geografis ataupun waktu.
Banyaknya kompetitor menjadi pertimbangan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) untuk masuk dalam persaingan yang sangat ketat. Strategi pemasaran dan media yang
tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang dituju sehingga volume pendapatan selalu
meningkat. Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus mampu bersaing di pasar
internasional agar tak tertindas. Apalagi, di era persaingan ini, pelaku UMKM seharusnya melek
akan teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produk hingga ke luar negeri.
Untuk itu, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh
berkembang dan bersaing di era digital saat ini.
Kata kunci: Digital Marketing, UMKM

Downloads

Published

2024-05-21