PENGARUH GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR REMAJA DI ERA MILENIAL PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DAARUL ‘ULUUM PETUKANGAN UTARA, PESANGGRAHAN, JAKARTA SELATAN

Authors

  • Ela Hulasoh Univesitas Pamulang
  • Rahmi Andini Syamsuddin Universitas Pamulang
  • Alvin Praditya Universitas Pamulang
  • Lisdawati Lisdawati Universitas Pamulang
  • Supardi Supardi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/ABMAS.v1i1.p50-59.y2019

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Remaja di Era Milenial Pada Lembaga Bimbingan Belajar Daarul ‘Uluum Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh wali murid lembaga bimbingan belajar Daarul ‘Uluum, bahwa pentingnya mengetahui pengaruh gadget terhadap prestasi siswa dan memberikan pengetahuan kepada seluruh wali murid lembaga bimbingan belajar Darul ‘Uluum tentang ketergantungan akibat penggunaan gadget. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap survei dan sosialisasi mengenai berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian. Kegiatan yang akan dilakukan meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdi dan survei ke lokasi pengabdian. Tim pelaksanan kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi jurusan sebanyak 5 orang. Tim pengabdian memerikan materi mengenai Pengaruh Gadget terhadap prestasi para remaja di era milenial ini di bimbingan belajar Daarul ‘Uluum Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kesimpulan dari pengabdian ini adalah masih banyak peserta yang kurang memahami mengenai dampak yang ditimbulkan akibat dari ketergantungan penggunaan gadget. Peserta juga masih banyak yang belum memahami bagaimana mengetahui tingkat konsentrasi belajar anak-anaknya. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan para peserta khususnya dan masyarakat pada umumnya mengenai pengaruh serta dampak yang diakibatkan oleh penggunaan serta ketergantungan terhadap gadget bagi remaja di era milenial ini serta ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan semgangat baru bagi kita dalam menyampaikan materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda baik di lingkungan sekolan maupun kampus dan keluarga.

Kata Kunci : Pengaruh Gadget, Remaja, Era Milenial

Downloads

Published

2020-01-09