PEMANFAATAN WEB E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/ABMAS.v1i2.p99-109.y2020Abstract
Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Jauh lebih yang utama adalah agar produk dapat laku dipasar dan banyak diminati pelanggan. Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini berjudul “Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengahâ€.
Adapun mitra dalam program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini adalah pelaku Usaha Kecil Mikro Pertanian (UKMP) kota Depok yang berada di Desa Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Pelaku usaha mengeluhkan tentang penjualan mereka yang kurang berkembang meskipun sudah menggunakan sosial media dalam pemasarannya sehingga kurang memberikan profit secara maksimal.
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi anggota pelaku Usaha Kecil Mikro Pertanian kota Depok, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat para dosen dan mahasiswa dari Universitas Pamulang,mencoba membantu pelaku usaha melalui pengembangan metode pemasaran melalui web e-commerce secara tepat agar usahanya bisa berkembang. Diharapkan dengan penyuluhan penggunakan web e-commerce sebagai alat bantu pemasaran dapat meningkatkan penjualan produk.
Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap persiapan meliputi observasi dan perizinan, penyusunan penganggaran kegiatan, pengajuan proposal, dan tahap implementasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni melalui metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.
Kesimpulan dari pengabdian ini adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Balai Pertemuan Desa Sukmajaya Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok pada 5 - 6 Oktober 2019 dengan tema pemasaran menggunakan web e-commerce terbukti dapat meningkatkan pengembangan produk mitra bisnis baik dari sisi pendapatan maupun dari sisi pengurangan biaya pemasaran.
Kata Kunci: Pemasaran, UKM, Sosial media, e-Commerce