PENGENALAN DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI BENTUK KEWIRAUSAHAAN DINI BAGI PELAJAR SMK LINGGA KENCANA DEPOK

Authors

  • Hasanudin Hasanudin Universitas Pamulang
  • Ananda Hadistia Universitas Pamulang
  • Ayu Puspa Lestiyadi Universitas Pamulang
  • Siti Aprilliani Universitas Pamulang
  • Ani Meryati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/ABMAS.v1i2.p110-116.y2020

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membahas bentuk strategi yang digunakan dalam perkembangan teknologi ke depan. Pengenalan digital marketing dan pelatihan e-commerce memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran terutama sebagai bentuk kewirausahaan dini bagi pelajar SMK Lingga Kencana Depok. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampaian materi dalam bentuk teori presentasi dan praktik/penerapan pembuatan konten digital marketing baik melalui media sosial maupun melalui e-commerce.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para pelajar SMK Lingga Kencana Depok belum begitu mengenal istilah-istilah terkait dengan pemasaran produk lewat media online, namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui para pelajar SMK Lingga Kencana Depok dapat memahami dasar-dasar pemasaran melaui media sosial ataupun melalui e-commerce secara sederhana. Kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pemasaran ataupun penjualan melalui digital marketing dan e-commerce.

Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan SMK Lingga Kencana Depok yang berada di Jl.Raya Sawangan no. 47, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi para peserta yang adalah pelajar SMK sehingga mereka bisa memanfaatkan perkembangan pemasaran dan penjualan secara online dengan tepat sasaran. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek yang bertujuan mengembangkan kemampuan para pelajar SMK untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan via media daring (online).

Kata kunci : PKM, digital marketing , e-commerce, Daring

Downloads

Published

2020-05-08