PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN BERHITUNG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA BAGI ANAK PANTI ASUHAN AL KAMILAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/abms.v1i1.3712Abstract
Masalah prioritas yang dihadapi oleh mitra yang dalam hal ini anak panti asuhan Al Kamilah yaitu rendahnya kemampuan berbahasa inggris, berhitung, dan minat berwirausaha. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berwirausaha anak-anak melalui pendekatan pembelajaran bahasa inggris dan berhitung berbasis kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan/pembelajaran bahasa inggris dan berhitung melalui pendekatan kewirausahaan yang dilakukan secara berkala selama 1 bulan dan bergantian (antara materi berhitung dan bahasa inggris). Pemberian pelatihan/pembelajaran bahasa inggris dan berhitung melalui pendekatan kewirausahaan yang dilakukan secara berkala selama 1 bulan terbukti efektif untuk meningkatkan minat berwirausaha anak-anak Yayasan Al Kamilah, tetapi kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan berhitung. Dan karena kemampuan awal berbahasa Inggris dan berhitung anak-anak tersebut yang masih sangat kurang, maka sebaiknya kegiatan pengabdian ini dapat dilanjutkan dalam waktu yang lebih lama lagi.
Kata-kata kunci: Motivasi Berwirausaha; Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan, Panti Asuhan Al-Kamilah
References
Aini, Y. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Mahasisw UPP Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.571256
Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 1(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/strategic.v18i1.17583
Jailani, H., Fahrurrozi, M., & Rizqi, Y. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat dan Motivasi Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 1 Selong Tahun Pelajaran 2016. JPEK, 1(1), 49–56.
Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Ikraith-Humaniora, 2(2), 31–40.
Mardetini, E., Jaenudin, R., Fatimah, S., Firmansyah, & Amrina, D. E. (2017). Peningkatan Pengetahuan dan Minat Berwirausaha pada Industri Kreatif di Kecamatan Pemulutan Ogan Ilir. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 207–229. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.05
Ozaralli, N., & Rivenburgh, N. K. (2016). Entrepreneurial intention: antecedents to entrepreneurial behavior in the U.S.A. and Turkey. Journal of Global Entrepreneurship Research, 6(3), 1–32. https://doi.org/10.1186/s40497-016-0047-x
Primandaru, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13(1), 68–78. https://doi.org/10.21831/economia.v13i1.13276
Royyan, M. I. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas ([Skripsi]). Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Setyowati, E. (2012). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Yogyakarta ([Tesis]). Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Wijayangka, C., Kartawinata, B. R., & Novrianto, B. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. ECo-Buss, 1(2), 73–79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abdimisi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Abdimisi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.