PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN BERHITUNG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA BAGI ANAK PANTI ASUHAN AL KAMILAH

Authors

  • Johan Syahbrudin Universitas Pamulang
  • Eka Rima Prasetya
  • Siti Mundiroh
  • Samsul Marpitasa
  • Prima Sadewa

DOI:

https://doi.org/10.32493/abms.v1i1.3712

Abstract

Masalah prioritas yang dihadapi oleh mitra yang dalam hal ini anak panti asuhan Al Kamilah yaitu rendahnya kemampuan berbahasa inggris, berhitung, dan minat berwirausaha.  Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berwirausaha anak-anak melalui pendekatan pembelajaran bahasa inggris dan berhitung berbasis kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan/pembelajaran bahasa inggris dan berhitung melalui pendekatan kewirausahaan yang dilakukan secara berkala selama 1 bulan dan bergantian (antara materi berhitung dan bahasa inggris).  Pemberian pelatihan/pembelajaran bahasa inggris dan berhitung melalui pendekatan kewirausahaan yang dilakukan secara berkala selama 1 bulan terbukti efektif untuk meningkatkan minat berwirausaha anak-anak Yayasan Al Kamilah, tetapi kurang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan berhitung.  Dan karena kemampuan awal berbahasa Inggris dan berhitung anak-anak tersebut yang masih sangat kurang, maka sebaiknya kegiatan pengabdian ini dapat dilanjutkan dalam waktu yang lebih lama lagi.

 

Kata-kata kunci: Motivasi Berwirausaha; Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan, Panti Asuhan Al-Kamilah

References

Aini, Y. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Mahasisw UPP Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.571256

Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 1(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/strategic.v18i1.17583

Jailani, H., Fahrurrozi, M., & Rizqi, Y. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat dan Motivasi Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 1 Selong Tahun Pelajaran 2016. JPEK, 1(1), 49–56.

Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Ikraith-Humaniora, 2(2), 31–40.

Mardetini, E., Jaenudin, R., Fatimah, S., Firmansyah, & Amrina, D. E. (2017). Peningkatan Pengetahuan dan Minat Berwirausaha pada Industri Kreatif di Kecamatan Pemulutan Ogan Ilir. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 207–229. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.05

Ozaralli, N., & Rivenburgh, N. K. (2016). Entrepreneurial intention: antecedents to entrepreneurial behavior in the U.S.A. and Turkey. Journal of Global Entrepreneurship Research, 6(3), 1–32. https://doi.org/10.1186/s40497-016-0047-x

Primandaru, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13(1), 68–78. https://doi.org/10.21831/economia.v13i1.13276

Royyan, M. I. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas ([Skripsi]). Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Setyowati, E. (2012). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Yogyakarta ([Tesis]). Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijayangka, C., Kartawinata, B. R., & Novrianto, B. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. ECo-Buss, 1(2), 73–79.

Downloads

Published

2019-12-18

Issue

Section

Articles