Penguatan Peran UMKM Melalui Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan SIAPIK di Zulfan Olshop

Authors

  • Yulyanah Yulyanah universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Wardokhi Wardokhi universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Romenah Romenah Universitas Pamulang, Banten, Indonesia

Abstract

Abstrak

Tujuan dari dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Zulfan Olshop dalam pembuatan dan penyusunan laporan keuangan serta kendala apa saja yang dihadapi oleh Zulfan Olshop dalam pembuatan dan penyusunan laporan keuangan. Upaya yang telah dilakukan oleh Zulfan Olshop saaat ini sudah memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran secara manual namun belum adanya laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Adapaun yang telah dilakukan dalam PKM ini adalah diantarnya, mendaftarkan data ke aplikasi SIAPIK, menyusun nama akun sesuai dengan kondisi UMKM Zulfan Olshop, melakukan diskusi melalui tanya jawab untuk mengetahui pemahaman atas beberapa hal yang telah dijelaskan tim PKM. Kendala dari hasil pengabdian yang telah dilakukan di Zulfan Olshop adalah yang terutama sumber daya manusia, karena belum paham dan belum mengetahui cara dalam pembuatan dan penyusunan dalam laporan keuangan

Kata kunci: Laporan, SIAPIK, UMKM

Abstract

Strengthening the Role of MSMEs Through Assistance in Preparing Financial Reports Using SIAPIK at Zulfan Olshop. The purpose of carrying out this community service is to find out the efforts made by Zulfan Olshop in making and preparing financial reports as well as what obstacles Zulfan Olshop faces in making and preparing financial reports. The efforts that have been made by Zulfan Olshop currently have manual records of income and expenditure but there are no financial reports that comply with applicable accounting standards. What has been done in this PKM is, among others, registering data into the SIAPIK application, compiling an account name according to the conditions of the Zulfan Olshop UMKM, holding discussions through question and answer to find out understanding of several things that have been explained by the PKM team. The obstacle resulting from the service that has been carried out at Zulfan Olshop is primarily human resources because they do not understand and do not know how to create and prepare financial reports.

 Keywords: Report, SIAPIK, UMKM

References

Haryanti, D. M., & Hidayah, I. (2018). Potret UMKM Indonesia: Si kecil yang berperan besar. UMKM INDONESIA.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta : Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia

Kementerian Keuangan RI. 2021. IKPA. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/kotabumi/id/informasiumum/publikasi-djpb/ikpa.html

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Pratama, A. B., Sitanggang, D., Abrori, F., RM, F. A., Tambunan, L. D., Arfan, M., ... & Bukit, P. J. (2021). Edukasi dan pendampingan penyusunan laporan keuangan umkm kuliner Xyz. Pengmasku, 1(1), 8-13.

Rinandiyana, L. R., Kusnandar, D. L., & Rosyadi, A. (2020). Pemanfaatan aplikasi akuntansi berbasis android (SIAPIK) untuk meningkatkan administrasi keuangan UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Yulyanah, Mu'arifin, Hidayatul. 2022. Akuntansi Berbasis Kompetensi, Jakarta: CV. Adanu Abimata.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles