Literasi Digital: Edukasi Investasi Saham pada SMA Dharma Karya Jakarta

Authors

  • Rosita Wulandari Universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Ayumi Rahma Universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Syafrizal Syafrizal Universitas Pamulang, Banten, Indonesia

Abstract

Pengetahuan serta pemahaman masyarakat tentang investasi pasar modal masih sangat minim. Hal tersebut disebabkan karena pengetahuan, pemahaman dan pendidikan yang masih kurang dirasakan oleh masyarakat dan umumnya cara berinvestasi masih menggunakan cara lama yaitu berinvestasi dengan cara menabung, membeli tanah, rumah, dll. Masyarakat belum memahami intrumen invetasi pasar modal. Dengan cara pengabdian edukasi tentang pasar modal pada sekolah SMA Dharma Karya Jakarta dapat meningkatkan jumlah investor dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kelak. Tujuan diadakannnya pengabdian, pelatihan dan pembinaan edukasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada siswa siswi yang masih berusia muda agar mulai berinvestasi dipasar modal serta mereka dapat memanfaatkan uang saku dengan cara yang bermanfaat yakni untuk menabung investasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian tersebut adalah dengan cara diskusi yakni memberikan pemahaman materi dan melakukan latihan membeli atau memilih saham. Ada 3 metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu, Pertama adalah meode tahapan kegiatan pemberitahuan dan pengenalan investasi pasar modal. Kedua, adalah metode pelaksanaan pembinaan keterampilan memilih investasi dipasar modal, ketiga adalah pemberian ulasan/ rangkuman secara menyeluruh mengenai pembinaan agar peserta pembinaan terdorong untuk berpartisipasi langsung berinvestasi di pasar modal. Hasil kegiatan pengabdian ini pada intinya adalah menambah wawasan dan pengetahuan sejak dini bagi siswa siswi muda agar memanfaatkan uang saku ke jalan yang lebih bermanfaat

Keywords: Literasi, Investasi, saham

Digital Literacy: Stock Investment Education at Dharma Karya High School Jakarta. Public knowledge and understanding of capital market investment is still very minimal. This is because knowledge, understanding and education are still lacking in the community and generally the way to invest is still using the old way of investing by saving, buying land, houses, etc. The community does not understand capital market investment instruments. With the dedication of education about the capital market at Dharma Karya Jakarta High School, it can increase the number of investors and can improve the standard of living of the community in the future. The purpose of this educational service, training and coaching is expected to provide knowledge to students who are still too young to start investing in the capital market and they can use their pocket money in a useful way, namely to save for investment. The method used in the service is by way of discussion, namely providing an understanding of the material and doing exercises to buy or choose shares. There are 3 methods used in this service, namely, First is the method of notification activity stages and the introduction of the capital market investment. Second, is the method of implementing coaching on the skills of choosing investments in the capital market, third is the provision of a comprehensive review/summary of coaching so that coaching participants are encouraged to participate directly in investing in the capital market. The results of this service activity in essence are to increase insight and knowledge early on for young students to utilise their pocket money in a more useful way.

Keywords: literacy, investment, stocks

Author Biography

Rosita Wulandari, Universitas Pamulang, Banten, Indonesia

References

Cempaka, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

Fitri, A., Syam, F., Syahrani, R. A., & Asgha, A. Y. (2023). Meningkatkan Literasi Digital Peserta didik: Strategi Edukasi Anti-Hoaks di Media Sosial. Riau Journal of Empowerment, 6(3), 206-215.

Hayati, M. (2017). Investasi menurut perspektif ekonomi Islam. Ikonomika: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 66-78.

Irawati, W., Annisa, D., Aprilia, E. A., Utami, T., & Angraini, D. (2019). Pengenalan Dasar-dasar Investasi bagi Ibu-ibu PKK Kelurahan Babakan, Setu, Tangerang Selatan. ABDIMISI, 1(1), 18-23.

Khoir, M. (2016). Nilai Waktu Dari Uang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 1(1).

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Dakhoir, A., & Safitri, N. A. (2022). Penyuluhan Urgensi Tera Ukur/Sertifikasi Timbangan Di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 128-133.

Saveria, R. A. (2016). Analisis Digital Marketing Dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok). Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Yuliani, H. (2021). Literasi Digital Dalam Menangkal Berita Hoax Di Media Sosial (Studi Pada Mahasiswa Fisip Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Jurnal Madia, 2(1).

Yulianti, Y., Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Raharani, F. A. N., Mukarromah, S., & Azzahra, N. I. (2021). Pentingnya literasi digital di era pandemi. Jurnal Implementasi, 1(2), 162-168.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles