Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace Bagi Siswa SMK An Nashihin

Authors

  • Endah Finatariani Universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Ita Darsita Universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Setianingsih Setianingsih Universitas Pamulang, Banten, Indonesia

Abstract

Abstrak

Marketplace merupakan solusi yang tercipta dari pesatnya perkembagan teknologi informasi dan internet yang menggempur industri perdagangan. Dalam marketplace tersebut setiap pelaku usaha dapat menampilkan produknya untuk diperjualkan tanpa perlu repot membangun sistem. Adanya marketplace tersebut sangat menguntungkan para pelaku usaha, terutama usaha kecil dan menengah. Marketplace mempermudah pelaku usaha kecil dan menengah tersebut dalam melakukan operasional. Dengan adanya pasar virtual tersebut maka para pelaku usaha hanya perlu memberikan informasi selengkap - lengkap nya tentang produk yang mereka jual di marketplace seperti informasi produk, harga, pengiriman dan lain – lainnya. Media sosial dan marketplace telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa SMK An Nashihin. Meskipun siswa aktif menggunakan media sosial, pemanfaatan marketplace untuk tujuan bisnis belum optimal. Permasalahan yang dihadapi mitra, seperti keterbatasan pengetahuan, integrasi kurikulum yang belum maksimal, kendala infrastruktur, dan kekhawatiran akan keamanan dan privasi, juga diidentifikasi. Solusi yang diusulkan mencakup pelatihan keterampilan, integrasi kurikulum, peningkatan infrastruktur, penegakan kebijakan keamanan, dan kerjasama dengan pihak eksternal. Metode pelaksanaan akan melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan, pengembangan materi pembelajaran, pelatihan bagi mitra sekolah, penerapan praktik bisnis online, dan penguatan kolaborasi dengan stakeholder. Ringkasan ini memberikan gambaran lengkap tentang strategi yang akan dilakukan untuk memperbaiki pemanfaatan media sosial dan marketplace bagi siswa SMK An Nashihin

Kata Kunci: Media; Sosial; Marketplace

Abstract

Marketplace is a solution created by the rapid development of information technology and the internet which is taking the trading industry by storm. In this marketplace, every business actor can display their products for sale without having to bother building a system. The existence of this marketplace is very beneficial for business actors, especially small and medium businesses. Marketplace makes it easier for small and medium businesses to carry out operations. With this virtual market, business actors only need to provide complete information about the products they sell on the marketplace, such as product information, price, delivery and so on. Social media and marketplaces have become an inseparable part of the lives of An Nashihin Vocational School students. Even though students actively use social media, the use of marketplaces for business purposes is not optimal. Problems faced by partners, such as limited knowledge, incomplete curriculum integration, infrastructure constraints, and concerns about security and privacy, were also identified. The proposed solutions include skills training, curriculum integration, infrastructure improvements, security policy enforcement, and collaboration with external parties. Implementation methods will involve identifying needs and goals, developing learning materials, training for school partners, implementing online business practices, and strengthening collaboration with stakeholders. This summary provides a complete overview of the strategies that will be implemented to improve the use of social media and marketplaces for An Nashihin Vocational School students

 Keywords: Media; Social; Marketplaces

References

Faulina, A., Dewi, R. S., & Arif, E. (2021). Fenomena Online Shopping Sebagai Gaya Hidup Dan Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 12(1), 46-59.

Amnah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pembelajaran DiLingkungan Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 4783-4790.

Maulidatul, M., Soliha, K., Risma, R., & Enik, S. (2024). Pengaruh Sosial Media Terhadap Berwirausaha Dikalangan Remaja Kabupaten Pasuruan. Jurnal Teknologi dan Manajemen Sistem Industri, 3(1), 1-10.

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646-10653.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Saputri, S. A., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran marketplace dalam meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 3(1), 69-75.

Sholihin, U., & Mukhlis, I. (2023). Penggunaan Media Sosial dan Market Place Untuk Mengembangkan Pemasaran UMKM. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 204-218.

Utami, T., Irawati, W., Rosharlianti, Z., Annisa, D., & Angraini, D. (2020). Penerapan Sak-Emkm Pada Umkm Scale Up Tangerang Selatan Melalui Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan Mikro Dan Kecil (SI APIK). Abdimisi, 1(2), 136.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles