Membangun Chemistry Gen Z dan Pajak

Authors

  • Wahyu Nurul Universitas Pamulang, Banten, Indonesia
  • Aris Sanulika Universitas Pamulang, Banten, Indonesia

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan terbesar bagi negara Indonesia. Pajak juga memiliki peranan yang penting dalam pembangunan dan pemulihan ekonomi. Akan tetapi, tingkat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai perpajakan. Karena itulah kami memutuskan untuk melakukan sosialisasi dengan tujuan agar dapat meningkatkan pemahaman para siswa/siswi mengenai pentingnya kesadaran dan kepatuhan pajak sejak dini. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah para pelajar Pondok Pendawa Kemang, Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner (angket), metode dokumentasi dan metode deskriptif dalam analisis data. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan metode penyuluhan berupa seminar yang dilakukan secara tatap muka dan test berupa soal yang bervariasi mengenai perpajakan. Hasil yang diharapkan dari sosialisasi ini adalah target dapat memahami dan sadar akan pentingnya pajak.

Kata Kunci: Pajak, Generasi Z, Kesadaran

Abstract

Building Chemistry Gen Z and Taxes. Taxes are the largest source of revenue for the Indonesian state. Taxes also have an important role in economic development and recovery. However, the level of awareness and compliance of taxpayers in Indonesia is still very low. This is caused by a lack of knowledge about taxation. That's why we decided to carry out outreach with the aim of increasing students' understanding of the importance of tax awareness and compliance from an early age. The target audience for this activity is the students of Pondok Pendawa Kemang, Bogor. The data collection techniques used are questionnaire techniques, documentation methods and descriptive methods in data analysis. The implementation method used is the counselling method in the form of face-to-face seminars and tests in the form of various questions regarding taxation. The expected result of this socialization is that the target can understand and be aware of the importance of taxes.

 Keywords: Tax;Generation Z ;Consciousness

References

Farida, A., & Irawati, W. (2023). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Dengan Dimediasi Kualitas Pelayanan: Studi Pada Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang Terdaftar di KPP Kebayoran Lama. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(2), 488-505.

Hardiningsih, P., & Yulianawati, N. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak. Dinamika keuangan dan Perbankan, 3(1), 126-142.

Nurnaafiyanti, D. (2015). PENGARUH PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA CIMAHI (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Cimahi) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Sari, R. H. D. P., & Mashuri, A. A. S. (2022). Tax Morale: Kesadaran Pajak Generasi Muda Sebagai Wujud Bela Negara. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6124-6137.

Sari, E. W., Trisnasari, W. D., & Febriani, A. N. (2023). Membangun Budaya Sadar Pajak Pada Generasi Z. Madaniya, 4(1), 304-310.

Suharsono, A., & Galvani, S. (2020). Optimalisasi Edukasi Perpajakan bagi Generasi Milenial Melalui Video. Scientax, 2(1), 123-139.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara perpajakan.

Valianti, R. M., Lilianti, E., Saladin, H., & Darwin, J. (2021). Sadar pajak sejak dini dalam pendidikan. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 130-137..

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles