Enterpreneurship Training: Encouraging MSME Growth in the Startup Ecosystem

Authors

  • Ratih Qadarti Anjilni Universitas Pamulang
  • Roshaiza Taha Universiti Malaysia Terengganu
  • Asep Kurniawan STIE Sutaatmaja
  • Susinah Kuntadi STIE Ekuitas
  • Yan Noviar Universitas Pakuan
  • Widia Febriana Universitas Bumi Gora
  • Rachmad Chartady STIE Pembangunan Tanjung Pinang
  • Ickhsanto Wahyudi Universitas Esa Unggul
  • Eka Rima Prasetya Universitas Pamulang
  • Listiya Ike Purnomo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/abms.v5i2.44551

Abstract

The startup ecosystem starts from parties that encourage MSMEs in entrepreneurship training. because entrepreneurship training can help MSMEs develop business networks, motivate MSMEs and gain wider access to business assistance. Pamulang Estate is one of the MSME communities in South Tangerang, specifically in Pamulang Timur Village. Pamulang Estate UMKM is a community of several businesses owned by residents who live in the Pamulang Estate Complex. UMKM Pamulang Estate has 68 business actors who are its members. Some of them are food and beverage businesses and handicrafts. Pamulang Estate UMKM members are dominated by housewives whose business is limited to trading and who have not yet focused on developing their business. This PKM aims to provide (1) Pamulang Estate MSMEs with an understanding of the concept of entrepreneurship training. (2) Pamulang Estate MSMEs gain a wider business network in the startup ecosystem environment. (3) Pamulang Estate MSMEs understand the importance of business incubators. Participants understand the importance of promotion and joint marketing. As a result of this PKM, Pamulang Estate MSMEs can understand the importance of entrepreneurship training and participating in business incubators to develop their business.

Abstrak

Ekosistem start-up dimulai dari pihak-pihak yang mendorong UMKM dalam pelatihan kewirausahaan. Karena pelatihan kewirausahaan dapat membantu UMKM mengembangkan jaringan bisnis, memotivasi UMKM, dan mendapatkan akses yang lebih luas terhadap bantuan bisnis. Pamulang Estate adalah salah satu komunitas UMKM di Tangerang Selatan, khususnya di Desa Pamulang Timur. UMKM Pamulang Estate adalah komunitas dari beberapa usaha yang dimiliki oleh warga yang tinggal di Kompleks Pamulang Estate. UMKM Pamulang Estate memiliki 68 pelaku usaha yang menjadi anggotanya. Beberapa di antaranya adalah usaha makanan dan minuman serta kerajinan tangan. Anggota UMKM Pamulang Estate didominasi oleh ibu rumah tangga yang usaha mereka terbatas pada perdagangan dan belum fokus pada pengembangan usaha. Tujuan dari PKM ini adalah untuk memberikan (1) pemahaman kepada UMKM Pamulang Estate tentang konsep pelatihan kewirausahaan. (2) UMKM Pamulang Estate mendapatkan jaringan bisnis yang lebih luas dalam lingkungan ekosistem start-up. (3) UMKM Pamulang Estate memahami pentingnya inkubator bisnis. Peserta memahami pentingnya promosi dan pemasaran bersama. Sebagai hasil dari PKM ini, UMKM Pamulang Estate dapat memahami pentingnya pelatihan kewirausahaan dan pentingnya berpartisipasi dalam inkubator bisnis untuk mengembangkan usaha mereka.

Kata kunci: UMKM Pamulang Estate, Pelatihan Kewirausahaan, Ekosistem Start-Up.

References

Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi optimalisasi standar kinerja UMKM sebagai katalis perekonomian indonesia dalam menghadapi middle income trap 2045. Inspire Journal: Economics and Development Analysis, 1(1), 75-86.

Agustina, T. S. (2011). Peran inkubator bisnis perguruan tinggi dalam meminimalkan resiko kegagalan bagi wirausaha baru pada tahap awal (start-up). Majalah Ekonomi, 1, 64-74.

LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah). (2020). Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang Selatan.

Munkongsujarit, S. (2016). Business incubation model for startup company and SME in developing economy: A case of Thailand. In 2016 Portland International Conference on Management of Engineering and Technology (PICMET) (pp. 74-81). IEEE.

Mongid, A., & Notodihardjo, F. S. (2011). Pengembangan daya saing UMKM Di malaysia dan singapura: sebuah komparasi. Jurnal Keuangan dan perbankan, 15(2).

Pirson, M., Martin, K., & Parmar, B. (2019). Public trust in business and its determinants. Business & Society, 58(1), 132-166.

Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(1), 21-30.

Salim, M. N., Marlapa, E., Ismail, S., Abd Rahman, N. H., Hussin, H., Susilastuti, D., & Murti, W. (2022). Determinants of MSMEs growth and its impact on income and unemployment: Cases of Indonesia and Malaysia. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 11(1).

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles