Pengenalan Akuntansi Sederhana Bagi Pemula di SMK Yapia Parung
DOI:
https://doi.org/10.32493/abms.v6i1.46918Abstract
PKM (pengabdian kepada masyarakat) semester ganjil tahun akademik 2024/2025 ditujukan SMK YAPIA PARUNG berada di Yapia Desa Waru Jaya RT 01/03 Jawa Barat pada tanggal 24 Oktober 2024. Kami melihat bahwa sekolah belum mendapatkan pemahaman dasar Akuntansi yang nantinya berguna bagi mereka dalam memulai, menentukan penjuruan pada pendidikan berikutnya serta menjalankan kegiatan wirausaha atau menekuni profesi lainnya. Jika usahanya berkembang atau maju bisa berdampak pada peningkatan perekonomian warga, penyerapan tenaga kerja, dan lain-lain. Kami melihat bahwa ketika kegiatan usaha yang dijalani warga berkembang dan tentunya mereka membutuhkan pendanaan dari pihak ketiga maka mereka bersentuhan dengan lembaga keuangan (perbankan), dalam rangka memanfaatkan fasilitas kredit atau pengajuan dana pinjaman yang disediakan, dan tentu salah satu persyaratan penting yang dalam rangka pengajuan ini adalah adanya penatausahaan/administrasi keuangan atau pembukuannya (akuntansi) yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu, maka dipandang perlu dan sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang akuntansi atau administrasi keuangan untuk para siswa/i. Dengan demikian aspek tata kelola akuntansi dan/atau administrasi kegiatan usaha menjadi penting untuk diterapkan agar para siswa/i memiliki perencanaan untuk masa depan pendidikan, usaha atau profesinya, Dengan permasalahan diatas serta memperhatikan dari 42 siswa/i (dari kondisi sosial, tingkat pendidikan, dan lain-lain) maka rencana PKM (pengabdian kepada masyarakat) kali ini memfokuskan pada pemberian pengetahuan dan keterampilan dibidang aspek akuntansi sederhana yang baik, penatausahaan (pencatatan atau pengadministrasian keuangan). Adapun metode pelaksanaan dilakukan dengan cara memberikan informsi melalui ceramah dan diskusi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan para siswa/i yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk akuntansi sederhana serta mengelola kegiatan keuangannya dengan melakukan pembukuan aktifitas keuangan dalam rangka usahanya, sehingga akan timbul motivasi mengenal atau memahami kegiatan yang bisa memberikan nilai tambah ekonomi, melakukan pembukuan (akuntansi) atau administrasi (pencatatan) atas pemhaman pendidikannya atau setiap aktifitas usahanya agar semua terdokumentasi dengan baik dan ini menjadi pegangan untuk merencanakan masa depan aktifitas usahanya ataupun profesinya serta memiliki kesempaatan untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pihak perbankan atau lembaga keuangan non bank.
References
Hery, (2017), Akuntansi dasar 1 dan 2, Jakarta, Grasindo
Herry (2014). Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2014
Novitasari (2019), Metode Mudah Menyusun Pembukuan Sederhana-Pegangan Wajib Praktis Bisnis Dan Pelaku Usaha UKM, Yogyakarta, Quadrant, 2019
Nurhafni, Siti (2019)., Analisis Penerapan Akuntansi pada Yayasan Pendidikan SMA Budi Dharma D, Universitas Islam Riau
Purnamawati (2020). Buku Akuntansi Koperasi dan UMKM Teroi dan Praktik, PSAK EMKM, IKATAN AKUNTAN INDONESIA, Jakarta, 2018 Rajagrafindo Persada, Depok, 2020
Sujarweni (2020). Akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah), Pustaka Baru, Yogjakarta, 2020
Sugiri (2021). Akuntansi Keuangan UMKM; Pendekatan Praktis, UPP STIM YKPN, Yogjakarta, 2021
Wijaya (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahma Wiyanti, Eka Kusuma Dewi, Imar Halimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abdimisi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Abdimisi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.