TIPS MENABUNG MENUJU MASA DEPAN LEBIH BAIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 41 (SMKN 41) JAKARTA

Authors

  • Adi Supriadi Universitas Pamulang
  • Ujang Syaifudin Sumaji Universitas Pamulang
  • Muhammad Arif Adriyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/abms.v6i1.46953

Abstract

Literasi finansial tidak hanya berhubungan dengan bagaimana mengelola keuangan (pendapatan dan pengeluaran), tetapi juga berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko agar dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat. Edukasi literasi keuangan merupakan sebuah pemahaman yang komprehensif serta mendalam tentang pengelolaan keuangan pribadi. Pengenalan literasi keuangan terhadap anak dapat dilakukan dengan mengenalkan anak terhadap nilai-nilai uang beserta budaya untuk menabung. Pentingnya arti menabung bagi siswa sekolah bukan hanya untuk mempunyai uang sendiri, tetapi terbiasa dengan manajemen diri yang kokoh agar dapat menjadi orang yang bijak mengatur keuangannya, tidak hidup berlebihan atau boros, dapat berpikir antisipatif terhadap keadaan yang tidak terduga serta mampu mengelola keuangan di masa yang akan datang. Tujuan Menabung Membiasakan diri hidup hemat. Hidup hemat berarti tidak boros. Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini adalah tatap muka langsung yang bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 41 Jakarta. Metode pengabdian masyarakat kali dengan cara memberikan tanya jawab penuh seputaran tips menabung. Luaran yang dicapai pada pengabdian masyarakat kali ini Jurnal Pengabdian Unpam dan desiminasi. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya siswa SMKN 41 Jakarta, dimana mereka bisa memiliki pemahaman terkait dengan bagaimana pentingnya menabung untuk masa depan di mulai dari saat ini.

References

Ariyani Asri Dwi, dkk.(2022). Kecakapan literasi keuangan Pada Anak Usia Sekolah dasar sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-Abdi.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, No.12,Mei 2022. E-ISSN : 2798-2912

Bank Indonesia. (2012). Financial Education in Indonesia: Experiences & Evaluation. Banking Research and Regulation Directorate 2012.

Fensca F. Lahallo, dkk.(2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. J-Depace (Jurnal Pengabdian). Volume 5 Nomor 2. Desember 2022. E-ISSN : 2654 - 8356

Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., (2022). Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini Di Tk Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat.

Laili, J., & & Maulana, A. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan,4(1), 54– 57

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Ningrum, P. W, dkk. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) Volume 1, 351 – 361

Nur Siti Khayisatuzahro & Abdul Hamid Bakir. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. Volume 2 Nomor 2 Agustus 2021. E-ISSN: 2797-8451 Wirmando, W., Anita, F. ., Hurat, V. S., & Korompis, V

Sabilla, A. P, dkk. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana dan Mengenalkan Literasi Keuangan Terhadap Siswa SD di Desa Kwasen. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(3), 405-411

Yushita, A. N. (2017). JURNAL NOMINAL / VOLUME VI NOMOR 1 / TAHUN 2017 PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI Amanita Novi Yushita. Nominal, VI(1), 11–26

Downloads

Published

2025-01-22

Issue

Section

Articles