TIPS MENABUNG MENUJU MASA DEPAN LEBIH BAIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 41 (SMKN 41) JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32493/abms.v6i1.46953Abstract
Literasi finansial tidak hanya berhubungan dengan bagaimana mengelola keuangan (pendapatan dan pengeluaran), tetapi juga berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko agar dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat. Edukasi literasi keuangan merupakan sebuah pemahaman yang komprehensif serta mendalam tentang pengelolaan keuangan pribadi. Pengenalan literasi keuangan terhadap anak dapat dilakukan dengan mengenalkan anak terhadap nilai-nilai uang beserta budaya untuk menabung. Pentingnya arti menabung bagi siswa sekolah bukan hanya untuk mempunyai uang sendiri, tetapi terbiasa dengan manajemen diri yang kokoh agar dapat menjadi orang yang bijak mengatur keuangannya, tidak hidup berlebihan atau boros, dapat berpikir antisipatif terhadap keadaan yang tidak terduga serta mampu mengelola keuangan di masa yang akan datang. Tujuan Menabung Membiasakan diri hidup hemat. Hidup hemat berarti tidak boros. Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini adalah tatap muka langsung yang bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 41 Jakarta. Metode pengabdian masyarakat kali dengan cara memberikan tanya jawab penuh seputaran tips menabung. Luaran yang dicapai pada pengabdian masyarakat kali ini Jurnal Pengabdian Unpam dan desiminasi. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya siswa SMKN 41 Jakarta, dimana mereka bisa memiliki pemahaman terkait dengan bagaimana pentingnya menabung untuk masa depan di mulai dari saat ini.
References
Ariyani Asri Dwi, dkk.(2022). Kecakapan literasi keuangan Pada Anak Usia Sekolah dasar sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-Abdi.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, No.12,Mei 2022. E-ISSN : 2798-2912
Bank Indonesia. (2012). Financial Education in Indonesia: Experiences & Evaluation. Banking Research and Regulation Directorate 2012.
Fensca F. Lahallo, dkk.(2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. J-Depace (Jurnal Pengabdian). Volume 5 Nomor 2. Desember 2022. E-ISSN : 2654 - 8356
Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., (2022). Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini Di Tk Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat.
Laili, J., & & Maulana, A. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan,4(1), 54– 57
Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Ningrum, P. W, dkk. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) Volume 1, 351 – 361
Nur Siti Khayisatuzahro & Abdul Hamid Bakir. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. Volume 2 Nomor 2 Agustus 2021. E-ISSN: 2797-8451 Wirmando, W., Anita, F. ., Hurat, V. S., & Korompis, V
Sabilla, A. P, dkk. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana dan Mengenalkan Literasi Keuangan Terhadap Siswa SD di Desa Kwasen. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(3), 405-411
Yushita, A. N. (2017). JURNAL NOMINAL / VOLUME VI NOMOR 1 / TAHUN 2017 PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI Amanita Novi Yushita. Nominal, VI(1), 11–26
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Supriadi, Ujang Syaifudin Sumaji, Muhammad Arif Adriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abdimisi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Abdimisi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.