Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Sejak Dini bagi Siswa SMK Sasmita Jaya 2, Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/abms.v6i1.47160Abstract
Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya manajemen keuangan dalam mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan sejak dini. Siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Sasmita Jaya 2 mendapatkan pengetahuan baru tentang cara efektif mengelola keuangan untuk memulai dan menjalankan bisnis. Penguatan kemampuan manajemen keuangan dalam konteks kewirausahaan menjadi elemen kunci dalam mempersiapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menghadapi dunia kerja dan menciptakan peluang usaha. Dengan perubahan global yang semakin dinamis, keterampilan kewirausahaan bukan lagi pilihan, tetapi menjadi kebutuhan mendesak, terutama bagi lulusan SMK yang siap langsung bekerja atau berwirausaha. Hal ini didorong oleh persaingan ketat di dunia kerja, kemajuan teknologi yang pesat, serta tantangan ekonomi global yang menuntut adaptasi cepat dari setiap individu yang ingin tetap kompetitif baik di pasar tenaga kerja maupun dunia bisnis. Kegiatan ini mendapat sambutan positif yang mengapresiasi upaya tim Universitas Pamulang dalam berbagi ilmu bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Sasmita Jaya 2. Antusiasme peserta terlihat jelas dalam sesi tanya jawab, menunjukkan bahwa tema yang dibahas sangat relevan dengan kebutuhan mereka. Selain dosen, mahasiswa Universitas Pamulang seperti Ringgas Bima dan Amanda juga berpartisipasi, membantu pelaksanaan kegiatan dan berinteraksi langsung dengan siswa. Pada akhir kegiatan, tim dosen Universitas Pamulang dan pihak sekolah berharap kerja sama ini dapat berlanjut dalam kegiatan-kegiatan lain yang memberikan dampak positif bagi pendidikan siswa SMK. Diharapkan siswa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mengelola keuangan dengan baik serta mempertimbangkan berwirausaha setelah lulus.
Kata Kunci: Entrepreneurship; Siswa; SMK Sasmita Jaya 2
References
Benarda, Nurjaya, Iswanto, H,. (2023) Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga. Prosiding SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan PKM. Vol. 4 No. 1, Juli 2023 P-ISSN: 2774-4833
Drucker, P. F. (1985). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. Harper & Row.
Garrison, R. H., Noreen, E. W., & Brewer, P. C. (2015). Managerial Accounting. McGraw-Hill Education.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship. McGraw-Hill Education.
Marganingsih, A., & Pelipa, E. D. (2018). “Pengaruh Pendekatan Chemo Entrepeneurship Dan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 3.
Musthofa, C. (2023) Pengaruh Motivasi Wirusaha, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said
Nur, E. W., Saman, A. &Buchori, S. (2024). “Pengembangan E-Modul Karier Wirausaha Berbasis UMKM Lokal dengan Model Rowntree untuk Siswa SMAN 6 Sidrap.” Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 10, No. 1, Juni 2024, Hal. 68-84
Tambak, S. (2014). Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(21), 375-401. doi:P-ISSN: 0854-2627
Tanaka, V. L. & Tamba, I. F. U., (2023) Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Siswi SMA Perguruan Buddhis Bodhicitta Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol 4(2) 2023 : 1706-1716
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Benarda Benarda, Rakhmawati Oktavianna, Taslim Syahputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abdimisi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Abdimisi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.