Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Ekosistem Startup melalui Digital marketing

Authors

  • Irenne Putren universitas pamulang
  • Siti Aisyah Nurrizqi Universitas Pamulang
  • Islam Ali Akbar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/abms.v6i1.47196

Abstract

Peningkatan daya saing UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di era digital menjadi sangat penting, terutama dalam ekosistem startup yang semakin berkembang. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan daya saing tersebut adalah dengan memanfaatkan digital marketing. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat untuk membantu UMKM PKK Curug Bojongsari mengatasi kendala yang ada dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Program pelatihan digital marketing yang melibatkan penggunaan media sosial, e-commerce, SEO, dan alat analitik digital menunjukkan hasil positif, di mana banyak pelaku UMKM berhasil meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan. Namun, masih terdapat tantangan terkait keterbatasan sumber daya, anggaran pemasaran, dan kesiapan teknis dalam penerapan digital marketing. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menyimpulkan bahwa untuk mempercepat transformasi digital UMKM, diperlukan pelatihan berkelanjutan, dukungan finansial, serta kolaborasi yang lebih kuat antara UMKM dan ekosistem startup. Diharapkan temuan ini dapat memberikan wawasan bagi pemerintah, pelaku industri, dan UMKM untuk mendorong adopsi digital marketing secara lebih luas dalam meningkatkan daya saing UMKM di pasar global.

Kata Kunci: UMKM, digital marketing, daya saing, ekosistem startup.

References

Chaffey, D. (2019). Digital marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.

Fishkin, R. (2015). The Art of SEO: Mastering Search Engine Optimization. O'Reilly Media.

Järvinen, J., & Taiminen, H. (2016). Harnessing Marketing Automation for B2B Content Marketing. Industrial Marketing Management, 54, 164-175.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kauffman, S. (2015). Startup Communities: Building an Entrepreneurial Ecosystem in Your City. Wiley.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2022). Data UMKM Indonesia 2022. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Pulizzi, J. (2012). Content Marketing Playbook: 42 Ways to Connect with Customers. CMI.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.

Soehirman, D., & Nur, S. (2020). Kendala dan Peluang Digitalisasi pada UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 56-70.

Sudirman, R. (2021). Digitalisasi UMKM: Kebijakan dan Peran Pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sulistyo, H. (2021). Transformasi Digital UMKM: Strategi Pemasaran di Era Digital. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 9(3), 112-123.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles