Pengaruh Penerapan Green Accounting Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Penulis

  • Riswanti Riswanti Universitas Pamulang
  • Effriyanti Effriyanti Universitas Pamulang

Abstrak

Memasuki masa pemulihan dari covid-19, setiap perusahaan akan kembali berlomba-lomba untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya. Banyak cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk mendapatkan profit yang tinggi salah satunya dengan mengelola lingkungan sekitar melalui kegiatan green accounting. Namun, di Indonesia masih banyak perusahaan yang tak memperhatikan keadaan lingkungan sekitar baik dari langkah pencegahan atau perawatan terhadap lingkungan yang rusak akibat kegiatan produksi perusahaan. Green accounting dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya dengan kinerja lingkungan dan biaya lingkungan. Dengan adanya profitabilitas, perusahaan dapat menerapkan green accounting dan mendapatkan profit yang lebih tinggi lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah green accounting memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 156 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling, yaitu sebanyak 23 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green accounting memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan.

 

Kata Kunci : Green Accounting, Profitabilitas Perusahaan

Referensi

Akbar, Z., Irawati, W., Wulandari, R., & Barli, H. (2020). Analisis Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan, Penjualan dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Penghindaran Pajak. ISSN, 190-199.

Chasbiandani, T., Rizal, N., & Satria, I. (2019). Penerapan Green Accounting Terhadap Profitabilitas Perusahaan di Indonesia. ISSN, 126-132.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi Kelima). Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.

Hansen, & Mowen. (2009). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Maryanti, I. E., & Hariyono. (2020). Pengaruh Implementasi Green Accounting Terhadap Kinerja Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ISSN, 1-12.

Nurhikmah, A. N., Nurhaliza, S., Isabela, S., Priyanti, V., & Effriyanti. (2021). Analisis Penerapan Profitabilitas, GCG (Good Corporate Governance), CSR (Corporate Social Responsibility) Terhadap Tax Avoidance. ISSN, 17-42.

Ratusasi, M. L., & Pratiwi, A. (2019). Pengaruh Penerapan Green Accounting Terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Pertambangan dan Industri Semen yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2015-2018. 1-19.

Risal, T., Lubis, N., & Argatha, V. (2020). Implementasi Green Accounting Terhadap Profitabilitas Perusahaan. ISSN, 73-85.

Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rosaline, V. D., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Environmental Performance Terhadap Economic Performance. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 569-578.

Sapulette, S. G., & Limba, F. B. (2021). Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Kinerja LIngkungan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2018-2020. ISSN, 31-43.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Wijaya, & Purnomo, A. (2013). Analisis Rasio Keuangan Dalam Merencanakan Pertumbuhan Laba Perspektif Teori Signal.

Diterbitkan

2023-07-06

Terbitan

Bagian

Articles