Peranan PT BPR Bank Daerah Pati Dalam Meningkatkan Giat Menabung Masyarakat Studi Kasus di Kantor Cabang Tambakromo
DOI:
https://doi.org/10.32493/aktivitas.v3i2.50449Keywords:
Menabung, Bank daerah, Masyarakat pedesaan, Strategi perbankan, Literasi keuanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana PT BPR Bank Daerah Pati, yaitu Kantor Cabang Tambakromo, berkontribusi dalam meningkatkan keinginan untuk membantu masyarakat pedesaan. Menabung merupakan faktor penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengelolaan uang. Namun, akses terhadap layanan perbankan dan kemampuan membaca laporan keuangan merupakan tantangan utama yang dihadapi masyarakat Tambakromo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metodologi studi kasus untuk menyajikan fakta-fakta mengenai bank yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. PT BPR Bank Daerah Pati berhasil menunjukan temuannya yang telah berhasil meningkatkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap bank melalui berbagai inisiatif edukasi dan dukungan, seperti layanan jemput bola, program melek keuangan, dan program pengembangan diri. Studi ini menawarkan kontribusi teoritis untuk pengembangan studi keuangan literasi di lapangan serta rekomendasi praktis untuk mengevaluasi kinerja bank-bank lokal dalam pembangunan ekonomi.
References
Angelista, F. D., Nuralifah, A., Nur, A., Shaputra, H., Halim, H., Pebriani, R. A., & Asharie, A. (2023). Literasi Menabung Pada Anak Sejak Dini di SD Negeri 5 Lembak di Desa Kemang. Communnity Development Journal, 4(3).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Lismiatun, L., Sunarto, A., & Nurhidayat, A. (2022). Sosialisasi Gerakan Budaya Menabung untuk Anak serta Mengelola Uang Saku Sendiri dengan Hemat, Cermat dan Tepat pada Anak-anak Yayasan Lembaga Amil Zakat Nasional Mizan Amanah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JimawAbdi), 2(3). https://doi.org/10.32493/jmab.v2i3.21719.
Mulyanto, M., Robiyanto, F., & Firdaus, M. (2020). Sosialisasi Pentingnya Menabung Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Organisasi Keagamaan Di Kabupaten Kudus. JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(1). https://doi.org/10.54066/jbe.v6i1.91.
Nuh, M., Sangaji, R., Muzzaki, M., Agustin, E., & Larasati, A. N. (2021). Sosialisasi pentingnya manfaat menabung sejak dini. Dedikasi, 1(1).
Nurudin, N., Arifin, J., & Ma’ruf, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, Dan Kebudayaan Terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1). https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v2i1.79.
Ramadhan, M. A., & Chatamallah, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran X. Jurnal Riset Public Relations. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.641.
Rudi Haryono. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1). https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.95.
Yuselda, E. F. R. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Tingkat Keagamaan, Gaya Hidup, Persepsi, Dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kota Blitar (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar). JEPS: Journal of Economics and Policy, 02(02).
Zuardi, M., Nurhayati, N., & Marpaung, M. (2023). Model Keputusan Memilih Produk Berdasarkan Atribut Produk, Promosi Dan Komitmen Religius Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Di Bank Sumut Syariah. Istinbath, 21(2). https://doi.org/10.20414/ijhi.v21i2.571.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AKTIVITAS Jurnal Ilmiah Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





